.com — AS Roma baru saja membuat keputusan mengejutkan dengan memecat Daniele De Rossi sebagai pelatih kepala tim utama, Rabu (18/9/2024). Keputusan ini diambil setelah hasil buruk Il Lupi di awal musim Serie A 2024/2025.

De Rossi diangkat sebagai pelatih Roma pada awal 2024 untuk menggantikan Jose Mourinho. Ia sempat memberikan kesan positif dengan mengantarkan Roma finis keenam di Serie A musim lalu dan mencapai semifinal Liga Europa. Atas prestasinya, ia mendapat perpanjangan kontrak hingga 2027.

Namun, performa buruk Roma di awal musim ini telah memaksa manajemen klub mengambil keputusan sulit untuk memecat De Rossi. Dalam 4 pertandingan awal Serie A, Roma hanya mampu meraih 3 hasil imbang dan sekali kalah.

Selain hasil yang buruk, pemecatan De Rossi juga dipicu oleh beberapa masalah di balik layar. Menurut laporan Calciomercato, De Rossi dan direktur teknis AS Roma, Florent Ghisolfi, memiliki perbedaan pendapat mengenai strategi transfer musim panas.

De Rossi menginginkan kedatangan Youssef En-Nesyri dari Sevilla, namun Ghisolfi lebih memilih pemain lain. Transfer En-Nesyri yang sudah hampir diselesaikan pun akhirnya gagal, dan ia memilih bergabung dengan Fenerbahce.

Perbedaan pendapat juga terjadi saat Roma bernegosiasi untuk mendatangkan Tiago Djalo dari Juventus. Ghisolfi melakukan negosiasi tanpa sepengetahuan De Rossi, yang memiliki target transfer berbeda. Transfer Djalo akhirnya batal terlaksana.

Selain masalah transfer, De Rossi juga dikabarkan berselisih paham dengan gelandang Bryan Cristante. Keduanya terlibat adu mulut sebelum pertandingan melawan Juventus awal bulan ini. Cristante pun sempat dikaitkan dengan kepindahan dari Roma, namun ia akhirnya bertahan di klub.

Pemecatan De Rossi sebagai pelatih Roma menjadi pengingat akan kerasnya dunia sepak bola. Meski berstatus sebagai mantan kapten yang disukai, hasil yang buruk dan masalah di balik layar dapat dengan mudah mengikis kepercayaan manajemen.

AS Roma kini harus bergerak cepat mencari pelatih baru untuk mengembalikan performa tim ke jalur yang benar. Klub ibu kota Italia itu berharap bisa segera bangkit dari keterpurukan dan bersaing di papan atas Serie A.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini