Erling Haaland adalah salah satu striker terbaik di dunia saat ini. Pemain asal Norwegia itu telah mencetak 86 gol dalam 89 laga bersama Borussia Dortmund sebelum pindah ke Manchester City pada musim panas 2022. Namun tahukah anda bahwa Haaland hampir saja bergabung dengan Napoli sebelumnya?

Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis mengungkapkan bahwa ia pernah hampir memboyong Haaland sewaktu sang striker masih memperkuat RB Salzburg. Hal itu diungkapkan De Laurentiis dalam Financial Times Summit yang digelar baru-baru ini di London.

"Saya masih ingat ketika saya menemukan Haaland. Buat saya, dia pemain yang hebat. Dia bermain di Salzburg saat itu. Saya ingin menebusnya seharga 50 juta Euro," ujar De Laurentiis, seperti dikutip Tuttomercatoweb.

Namun niat itu dicegah oleh agen Haaland kala itu, Mino Raiola. Raiola adalah agen super yang dikenal memiliki banyak klien bintang, seperti Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic, dan Matthijs de Ligt. Raiola diyakini sudah melihat potensi Haaland sejak lama dan merasa perlu memilah klub mana yang dirasa tepat sebagai bagian dari jenjang karier putra Alfie Haaland itu.

"Lalu Mino Raiola membawa saya ke ruang santai dan bilang pada saya, ‘Untuk Haaland, saya sudah mengurusnya. Jangan khawatir. Jangan diganggu’. Dan negosiasi pun terhenti. Dia sudah mengatur semua dan menghitung keuntungannya," jelas De Laurentiis.

Raiola akhirnya membawa Haaland ke Dortmund pada Januari 2020 dengan klausul pelepasan sebesar 75 juta Euro. Haaland pun langsung menjadi fenomena di Jerman dengan mencetak gol-gol spektakuler. Raiola sendiri tidak bisa menyaksikan kesuksesan Haaland lebih lama karena ia meninggal dunia pada April 2022. Kini, Haaland diwakili oleh Rafaela Pimenta yang dulunya anak buah Raiola.

Haaland sendiri sudah membuktikan bahwa ia pantas menjadi salah satu pemain termahal di dunia. Pada musim pertamanya di Inggris, Haaland langsung membawa City meraih treble dan mencetak 52 gol dalam 53 laga. Haaland juga menjadi andalan timnas Norwegia yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2024.

Bagaimana nasib Napoli? Klub asal Italia itu masih berjuang untuk bersaing di Serie A dan Eropa. Napoli belum pernah meraih gelar sejak Coppa Italia 2019-20. Napoli juga belum pernah menemukan pengganti yang sepadan untuk Dries Mertens yang sudah berusia 36 tahun. Mungkin, jika Haaland bergabung dengan Napoli, ceritanya akan berbeda. Namun itu hanyalah sebuah mimpi yang tak terwujud.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini