Mykhailo Mudryk, pemain sayap asal Ukraina yang dibeli Chelsea dengan harga fantastis pada Januari 2023, masih belum menunjukkan performa yang memuaskan. Meski sudah setahun lebih berseragam The Blues, ia tampak kesulitan beradaptasi dengan Liga Inggris. Apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh Mudryk untuk mengeluarkan potensi terbaiknya?

Mudryk tiba di Chelsea di tengah perubahan besar-besaran yang terjadi di klub London tersebut. Chelsea saat itu sedang melakukan regenerasi skuad dan pergantian manajer. Mudryk pun harus bersaing dengan pemain-pemain muda lain yang juga didatangkan dengan harga tinggi, seperti Victor Osimhen, Kai Havertz, dan Timo Werner.

Dari 17 penampilan di seluruh ajang pada musim 2022-23, Mudryk gagal mencetak gol satupun. Pada musim ini, ia sudah berhasil mengemas lima gol dan tiga asis dari 27 laga, namun itu dinilai belum cukup, terutama jika melihat banderolnya yang mencapai 70 juta Euro. Banyak yang meragukan kemampuan Mudryk dan menganggapnya sebagai pembelian yang sia-sia.

Namun, direktur Shakhtar Donetsk, klub asal Mudryk, Serhiy Palkin, menilai bahwa Chelsea perlu bersabar dan memberikan waktu kepada Mudryk untuk berkembang. Menurutnya, Mudryk adalah pemain yang sangat bertalenta dan unik, namun membutuhkan komunikasi dan bimbingan yang intens dari staf pelatih.

"Saya bisa bilang, Mudryk adalah pemain paling bertalenta dan unik di dunia," ujar Palkin kepada Stats Perform, dikutip beIN Sports. "Saya percaya bahwa untuk mengeluarkan kemampuan terbaik Mudryk, Anda perlu berinvestasi padanya, dan ini bukan soal uang."

"Investasinya adalah waktu bersama staf pelatih, untuk berkomunikasi dengan dia dan bekerja lebih dekat dengannya. Dia masih muda, pindah dari Liga Ukraina ke Liga Inggris. Itu jelas dunia yang berbeda, level yang berbeda, dan sepak bola yang amat berbeda," jelas Palkin.

Palkin juga menambahkan bahwa jika Chelsea mampu memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Mudryk, ia akan menjadi pemain yang luar biasa dan memberikan kontribusi besar bagi tim. "Oleh sebab itu, saya percaya jika staf pelatih mendedikasikan waktu untuknya, dia akan menjadi tiga, empat, lima kali lebih baik," tuturnya.

Chelsea sendiri saat ini sedang berada di posisi ketiga klasemen Liga Inggris, dengan selisih tujuh poin dari pemimpin Manchester City. The Blues juga masih berjuang di Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga. Dengan jadwal yang padat, Chelsea tentu membutuhkan kedalaman skuad yang baik, termasuk dari Mudryk.

Apakah Mudryk akan mampu membuktikan dirinya sebagai pemain yang layak bermain di Chelsea? Atau apakah ia akan menjadi salah satu dari sekian banyak pemain yang gagal bersinar di Stamford Bridge? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Yang pasti, Mudryk butuh waktu, bukan uang, untuk bersinar di Chelsea. (Copilot)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini