Dua bintang Real Madrid, Gareth Bale dan Eden Hazard, mengungkapkan pengalaman mereka selama bermain di klub raksasa Spanyol itu. Keduanya merasakan beban yang besar dan kesulitan untuk menunjukkan performa terbaik mereka.

Gareth Bale dan Eden Hazard bergabung dengan Real Madrid dengan harapan besar dari para penggemar dan media. Bale datang dari Tottenham Hotspur pada tahun 2013 dengan harga transfer sekitar 100 juta euro, sementara Hazard diboyong dari Chelsea pada tahun 2019 dengan biaya sekitar 115 juta euro.

Namun, keduanya tidak bisa memenuhi ekspektasi yang tinggi tersebut. Bale sempat menjadi pahlawan dengan mencetak gol-gol penting di final Liga Champions, namun kemudian sering mengalami cedera dan konflik dengan pelatih dan suporter. Bale juga dikritik karena tidak mau belajar bahasa Spanyol dan lebih memilih bermain golf daripada berlatih.

Hazard juga mengalami nasib yang tidak jauh berbeda. Pemain asal Belgia itu tidak pernah bisa menunjukkan kualitasnya yang membuatnya menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat masih berseragam Chelsea. Hazard juga kerap cedera dan tidak bisa bermain secara konsisten. Bahkan, dia tidak pernah tampil di laga El Clasico melawan Barcelona.

Bale dan Hazard sama-sama mengakui bahwa ada beban yang sangat besar ketika bermain di Real Madrid. Mereka merasakan tekanan yang berbeda dengan klub-klub sebelumnya. Ketika Madrid kalah, suasana di ruang ganti menjadi sangat buruk dan tidak ada yang tersenyum.

"Di Real Madrid, kalau kami kalah maka suasananya akan begitu buruk. Besoknya tidak ada yang tersenyum," ujar Hazard di podcast The Obi One bersama John Obi Mikel baru-baru ini.

"Saat di Chelsea, kalau kalah ya besoknya suasana baik-baik saja. Kekeluargaannya lebih berasa," ungkapnya.

Bale juga mengatakan hal yang serupa. Dia merasa lebih santai ketika bermain di MLS bersama Los Angeles Galaxy. Dia tidak merasakan konsekuensi yang berat ketika kalah, berbeda dengan di Madrid.

"Jika Anda kalah di Real Madrid, dunia seperti berakhir," ungkapnya dilansir dari AS.

"Di MLS, tidak ada konsekuensinya sih karena juga tidak ada degradasi. Kekalahan di terima di sini, lebih santai," tutupnya.

Bale dan Hazard kini sudah tidak lagi berseragam Real Madrid. Bale kembali ke Tottenham Hotspur dengan status pinjaman, sementara Hazard pindah ke Paris Saint-Germain dengan harga yang jauh lebih murah dari yang dibayar Madrid. Keduanya berharap bisa menemukan kembali kepercayaan diri dan kebahagiaan mereka di lapangan hijau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini