Vietnam yang digadang-gadang lolos ke Piala Asia U-20 2025 terpaksa mengubur mimpinya. Kekalahan tipis 0-1 dari Suriah di laga terakhir kualifikasi menghancurkan harapan tim berjuluk The Golden Star Warriors tersebut.

Awalnya, Vietnam sempat memelihara asa melalui jalur runner-up terbaik. Namun, nasib berkata lain. Yaman, Kirgistan, dan Thailand mengamankan posisi runner-up terbaik, menggeser Vietnam dari persaingan.

Hasil buruk berlanjut ketika asa Vietnam bergantung pada laga Jordan vs Qatar dan Australia vs Arab Saudi. Kekalahan Yordania dari Qatar dan hasil imbang Australia vs Arab Saudi membuat harapan Vietnam semakin tipis. Gol bunuh diri Nguyen Ngoc Chien di laga kontra Suriah seakan menjadi titik balik petaka bagi Vietnam.

Nasib Vietnam ditentukan oleh selisih gol yang terpaut tipis dengan Qatar. Meskipun meraih poin yang sama, Qatar melenggang dengan raihan selisih gol yang lebih baik. Sementara itu, Australia yang sebelumnya berada di bawah Vietnam dalam klasemen runner-up terbaik, berhasil menggeser posisi The Golden Star Warriors.

Dengan gagalnya Vietnam, Indonesia dan Thailand menjadi dua wakil ASEAN yang berlaga di Piala Asia U-20 2025. Indonesia lolos sebagai juara Grup F, sedangkan Thailand menjadi runner-up Grup H.

Piala Asia U-20 2025 akan berlangsung di China pada 6-23 Februari 2025. Turnamen ini menjadi ajang bagi para pemain muda berbakat untuk unjuk gigi dan menimba pengalaman berharga di kancah internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini