Timnas Indonesia akan segera memanggil Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk bergabung dalam persiapan lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kedua pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Belanda ini diharapkan dapat menambah kekuatan pasukan Garuda dalam menghadapi Bahrain dan China pada bulan Oktober mendatang.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyampaikan bahwa Timnas Indonesia akan berkumpul di Jakarta pada 5 Oktober sebelum bertolak ke Bahrain keesokan harinya. Sementara pemain-pemain yang berkarier di luar negeri, termasuk Hilgers dan Reijnders, akan langsung bergabung di Bahrain setelah menyelesaikan proses naturalisasi mereka yang rencananya dilakukan pada 30 September di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, Belanda.

"Pengambilan sumpah di Belanda dipilih karena kedua pemain tersebut masih sibuk berkompetisi dengan klub mereka di Belanda," kata Sumardji.

Hilgers saat ini memperkuat FC Twente, sedangkan Reijnders membela PEC Zwolle. Eredivisie, kompetisi utama Belanda, masih akan bergulir hingga 7 Oktober. Dengan demikian, kedua pemain kemungkinan besar akan absen saat klub mereka bertanding pada 6 Oktober.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengonfirmasi akan memanggil Hilgers dan Reijnders untuk mengisi posisi yang dibutuhkan dalam timnya. "Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan bergabung langsung dengan Timnas Indonesia untuk melawan Bahrain dan China," kata Shin.

Pengamat sepak bola Indonesia, M. Kusnaeni, menilai pemanggilan Hilgers dan Reijnders menjadi langkah positif bagi Timnas Indonesia. "Kehadiran mereka akan menambah opsi bagi Shin Tae-yong dalam menyusun strategi dan taktik permainan," ujarnya.

Kusnaeni berharap Hilgers dan Reijnders dapat beradaptasi dengan cepat dengan permainan Timnas Indonesia. "Mereka harus bisa menyesuaikan diri dengan gaya permainan dan sistem yang diterapkan oleh Shin Tae-yong," tuturnya.

Dengan bergabungnya Hilgers dan Reijnders, Timnas Indonesia bertekad memberikan penampilan terbaiknya dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan berusaha meraih hasil positif untuk menjaga peluang lolos ke putaran selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini