Kabar kurang menggembirakan datang dari penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Paes. Pemain naturalisasi asal Belanda itu dikabarkan mengalami cedera ringan pada pergelangan tangannya sehingga absen membela klubnya, FC Dallas, dalam lanjutan Major League Soccer (MLS) melawan San Jose Earthquakes.

Cedera yang dialami Paes menimbulkan pertanyaan besar mengenai ketersediaannya untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam lanjutan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Garuda akan menghadapi Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengaku telah menghubungi Paes terkait kondisinya. Menurutnya, kondisi Paes tidak parah dan sedang dalam proses pemulihan. "Sudah saya hubungi Paes, katanya lihat beberapa hari ke depan. Tidak ada yang patah atau pecah/cedera ringan. Sedang recovery, semoga aman," kata Sumardji.

Namun, tim medis Timnas Indonesia akan terus memantau kondisi Paes sebelum mengambil keputusan apakah dia bisa bergabung dengan tim atau tidak. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Paes tampak mengenakan grip di tangannya, yang diduga menjadi lokasi cederanya.

Jika Paes tidak bisa bergabung, ini menjadi kehilangan besar bagi Timnas Indonesia. Mantan kiper FC Utrecht itu merupakan salah satu pemain pilar yang diandalkan pelatih Shin Tae-yong di bawah mistar gawang. Pengalaman dan kemampuannya dalam mengantisipasi bola-bola berbahaya sangat dibutuhkan Garuda dalam laga krusial ini.

Pelatih Shin Tae-yong tentu berharap Paes bisa pulih tepat waktu dan bergabung dengan tim. Meski demikian, dia juga telah mempersiapkan opsi lain jika Paes absen. Nadeo Argawinata dan Ernando Ari Sutaryadi merupakan dua kiper yang diproyeksikan menjadi pengganti Paes.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih panjang. Indonesia berada di Grup H bersama Iran, Irak, Vietnam, dan Kamboja. Garuda harus meraih hasil maksimal di enam pertandingan tersisa untuk menjaga peluang lolos ke putaran final di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini