Pada musim 2004/2005, Chelsea menorehkan sejarah dengan meraih gelar Premier League pertamanya di bawah arahan manajer ikonik Jose Mourinho. Prestasi ini sekaligus menandai awal kebangkitan "The Blues" di kancah sepak bola Inggris.

Selain menjuarai liga, Chelsea juga nyaris meraih status tak terkalahkan seperti Arsenal pada musim sebelumnya. The Blues mengakhiri musim dengan 95 poin, mencetak 72 gol, dan hanya kebobolan 15 gol. Catatan ini menjadi rekor kebobolan terendah di Premier League hingga saat ini.

Namun, dari 15 gol yang masuk ke gawang Petr Cech, salah satunya masih menjadi kontroversi hingga hari ini. Satu-satunya kekalahan Chelsea pada musim itu datang dari Manchester City, lewat gol penalti Nicolas Anelka. Penalti tersebut diyakini tidak tepat karena pelanggaran Paulo Ferreira terjadi di luar kotak penalti.

Tanpa gol kontroversial itu, catatan kebobolan Chelsea akan semakin mengesankan. Mantan kapten klub John Terry bahkan merasa seharusnya timnya bisa kebobolan lebih sedikit dari 15 gol.

"Saya baru-baru ini dikirimi daftar 15 gol yang masuk ke gawang kami pada 2004/2005, saya tak bisa menahan rasa gemas tapi juga merasa sangat bangga bisa jadi bagian tim yang hebat," kata Terry di akun Instagram-nya.

"Melalui pertandingan-pertandingan dan gol-gol, dalam pikiran saya berpikir ini seharusnya cuma 10 gol atau kurang (yang masuk). Rekor-rekor pada akhirnya tercipta untuk dipecahkan, tapi saya tak yakin kebobolan 15 gol di Premier League bakal bisa dipecahkan," imbuhnya.

Unggahan Terry tersebut kemudian ditanggapi oleh Cech, yang absen di dua laga terakhir musim itu. Sang kiper pun menyebut bahwa ia hanya kebobolan 13 gol. Terry setuju dengan pernyataan Cech karena ia juga melewatkan dua pertandingan tersebut.

"Begitu juga saya, kawan. Saya menjalani operasi jari kaki agar fit buat pramusim. Jadi saya dan kamu cuma kebobolan 13," timpal Terry.

Selain catatan pertahanan yang mengesankan, Chelsea juga menunjukkan ketajaman di lini depan. Mereka mencetak 72 gol, hanya terpaut satu gol dari Arsenal di musim sebelumnya. Dengan kombinasi lini pertahanan solid dan serangan yang mematikan, Chelsea meraih kesuksesan gemilang pada musim 2004/2005.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini