Pada tahun 2024, Tim Nasional Indonesia (Timnas) masih menorehkan catatan minor saat berhadapan dengan tim-tim Timur Tengah. Dari tujuh pertandingan yang dilakoni, Skuad Garuda hanya mampu meraih dua hasil imbang dan menelan lima kekalahan.

Upaya keras anak asuh Shin Tae-yong untuk menaklukkan tim-tim asal Timur Tengah masih belum membuahkan hasil. Kekalahan demi kekalahan harus ditelan oleh Timnas, membangkitkan pertanyaan tentang kesiapan Indonesia bersaing di level yang lebih tinggi.

Pada pertandingan melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia sempat unggul 2-1 hingga menit injury time. Namun, gol kontroversial Mohamed Marhoon pada menit ke-90+9 menghancurkan harapan kemenangan Skuad Garuda.

Hasil imbang tersebut menambah deretan catatan minor Indonesia saat berhadapan dengan tim Timur Tengah. Sebelumnya, Indonesia juga hanya bermain imbang 1-1 saat menjamu Arab Saudi di laga uji coba.

Dari lima kekalahan yang dialami, Iran menjadi lawan paling tangguh yang harus dihadapi Indonesia. Skuad asuhan Carlos Queiroz mampu membungkam Timnas dengan skor telak 0-5 pada laga uji coba pada 9 Januari 2024.

Kekalahan demi kekalahan ini tentu menjadi bahan evaluasi mendalam bagi Shin Tae-yong dan staf kepelatihan Timnas Indonesia. Masih ada satu pertandingan tersisa melawan Arab Saudi pada 19 November 2024. Mampukah Skuad Garuda memecah dominasi tim Timur Tengah dan meraih kemenangan pertamanya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini