Tim Nasional (Timnas) Indonesia kembali mendapat amunisi baru untuk memperkuat lini pertahanannya. Kali ini, sosok yang diharapkan dapat menjadi pilar kokoh adalah Kevin Diks, pemain keturunan Indonesia berdarah Maluku.

Kabar gembira ini pertama kali diumumkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melalui unggahan foto dirinya bersama Kevin Diks di media sosial pada Sabtu (12/10/2024). Kedatangan Kevin Diks ke Jakarta beberapa hari sebelumnya, menjadi pertanda matangnya proses naturalisasi sang pemain.

Profil Kevin Diks: Darah Indonesia di Tanah Belanda

Kevin Diks lahir di Appledoorn, Belanda, pada 6 Oktober 1996. Darah Indonesia mengalir di nadinya dari kakek dan neneknya yang berasal dari pulau Ambon, Maluku.

Perjalanan karier sepakbola Kevin Diks dimulai di Belanda, bersama klub Vitesse dan Feyenoord. Ia kemudian melanglang buana ke Italia, membela Empoli dan Fiorentina. Pada musim 2021/2022, ia bergabung dengan klub Denmark, FC Copenhagen, di mana kontraknya akan berakhir pada musim panas 2025.

Di level internasional, Kevin Diks pernah memperkuat timnas Belanda di berbagai kelompok umur, mulai dari U-19, U-20, hingga U-21. Namun, ia terakhir kali mengenakan seragam Oranje pada tahun 2018, saat memperkuat timnas Belanda U-21 di ajang Kualifikasi Euro U-21.

Hasrat Membela Timnas Indonesia

Dalam wawancara dengan detikSport pada tahun 2020, Kevin Diks mengungkapkan hasratnya untuk membela timnas Indonesia. Ia menyatakan bahwa hal tersebut merupakan urusan kebanggaan dan ingin membawa Indonesia ke peta sepakbola dunia.

"Saya terbuka untuk kedua negara [Belanda dan Indonesia]. Dua tahun lalu [2018], saya hampir membela Belanda, tetapi cedera," ujar Kevin Diks.

"Tapi ini soal kebanggaan. Saya mau membawa Indonesia ke peta sepakbola dunia. Saya rasa itu bukan sesuatu yang harus saya putuskan sekarang, karena sejak tiga bulan lalu [Juli 2020] tak ada kontak lagi [dengan PSSI] ke agen saya. Tapi saya sangat terbuka untuk berdiskusi [dengan PSSI]."

Harapan Erick Thohir

Kedatangan Kevin Diks diharapkan dapat memperkuat lini pertahanan timnas Indonesia. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menargetkan pemain berusia 28 tahun itu dapat segera memperkuat Skuad Garuda.

"Kalau sudah salaman berarti kan sudah fix. Tinggal prosesnya, tentu kita akan mendorong kepada Bapak Presiden dan DPR untuk percepatan," kata Erick Thohir dalam Konferensi Pers Mendengar Jiwa, di Jakarta Pusat.

Menurut Erick Thohir, Kevin Diks secara realistis mungkin baru dapat membela timnas Indonesia pada Maret 2025. Namun, ia juga berharap sang pemain dapat tampil lebih cepat, terutama saat Indonesia menghadapi laga pada November mendatang.

"Window-nya kalau kita lihat di bulan Maret bisa main. Tapi kalau bisa November, kenapa tidak," sebut Erick Thohir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini