Indonesia harus menelan kekalahan pahit dari Timnas China dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bertanding di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024), Pasukan Garuda menyerah dengan skor 1-2.

Kekalahan ini sekaligus memperpanjang rekor buruk Indonesia melawan China. Terakhir kali Garuda Merah Putih berhasil menaklukkan Negeri Tirai Bambu adalah pada 20 Februari 1987 dengan skor 3-1 pada ajang King’s Cup.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih belum mampu merangkai kemenangan atas China dalam tiga pertemuan terakhirnya. Pada 2015, saat menangani Timnas Korea Selatan U-22, Tae-yong ditahan imbang 1-1 dalam laga persahabatan. Dua tahun berselang, saat menukangi Timnas Korea Selatan, Tae-yong kembali bermain imbang 2-2 di ajang East Asian Football Championship 2017.

Kegagalan Tae-yong menjinakkan Timnas China menjadi catatan buruk tersendiri bagi sang pelatih. Padahal, ia dikenal sebagai sosok yang mampu membawa perubahan positif bagi tim yang dilatihnya. Hal ini terbukti saat Tae-yong berhasil membawa Timnas Korea Selatan lolos ke Piala Dunia 2018.

Dalam pertandingan melawan China, Indonesia sempat tertinggal dua gol di babak pertama melalui gol Behram Abduwelli dan Yuning Zhang. Indonesia baru bisa memperkecil ketertinggalan pada menit-menit akhir babak kedua melalui gol Thom Haye.

Hasil ini membuat Indonesia semakin terpuruk di dasar klasemen Grup G dengan nol poin dari dua laga. Pasukan Garuda Merah Putih akan menghadapi dua pertandingan berat bulan depan melawan Jepang dan Arab Saudi di Stadion Gelora Bung Karno.

Mimpi Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 kini semakin berat. Timnas Indonesia membutuhkan keajaiban untuk bisa meraih poin dan menjaga asa lolos ke putaran berikutnya. Shin Tae-yong pun dituntut untuk menemukan formula yang tepat agar Indonesia bisa meraih kemenangan perdananya di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini