Jakarta, – Kekalahan Tim Nasional (Timnas) Indonesia dari Timnas China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga menyisakan catatan rekor. Pelatih Shin Tae-yong kini telah mengoleksi 100 gol bersama Skuad Garuda, yang ke-100 dicetak oleh Thom Haye.

Dalam laga yang berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024), Indonesia tunduk dengan skor 1-2. Gawang pasukan Merah Putih dibobol oleh Behram Abduwelli dan Yuning Zhang pada babak pertama.

Satu-satunya gol balasan Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-86. Ia memanfaatkan bola liar hasil lemparan jauh Pratama Arhan.

Gol Haye menjadi tonggak sejarah bagi Shin Tae-yong, yang kini telah mencetak 100 gol bersama Timnas Indonesia dalam 51 pertandingan. Dari jumlah tersebut, Indonesia meraih 24 kemenangan, 13 hasil imbang, dan 14 kekalahan.

Meski meraih rekor mentereng, Indonesia masih terpuruk di posisi kelima klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga Grup C. Indonesia hanya mengoleksi tiga poin, sama dengan China yang berada di posisi juru kunci.

Kemenangan atas China bisa menjadi modal berharga bagi Indonesia menjelang laga melawan Jepang dan Arab Saudi pada bulan depan. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November 2024 dan 19 November 2024.

Pertanyaan besar pun mengemuka: Mampukah Shin Tae-yong membawa Indonesia bangkit dari keterpurukan dan meraih hasil positif di dua pertandingan tersisa? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini