Setelah bermain dominan pada babak pertama, Tim Nasional (Timnas) Indonesia harus menerima kekalahan dari Timnas China dengan skor 1-2 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, pada Selasa (15/10/2024).

Indonesia memulai laga dengan cukup baik dan menguasai jalannya babak pertama. Namun, kesalahan koordinasi lini belakang pada menit ke-23 membuat Shenlong Jiang mampu memberikan umpan yang dimanfaatkan Behram Abduwelli untuk mencetak gol pembuka bagi China.

Pada menit ke-44, China kembali memperbesar keunggulan melalui gol dari Yuning Zhang yang meneruskan umpan dari Zhunyi Gao. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan China.

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan sejumlah pergantian pemain untuk memperkuat serangan. Mees Hilgers, Witan Sulaeman, dan Shayne Pattynama ditarik keluar dan digantikan oleh Thom Haye, Marselino Ferdinan, dan Rizky Ridho.

Usaha Indonesia untuk memperkecil ketertinggalan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-86. Berawal dari lemparan ke Pratama Arhan, Thom Haye berhasil menjaringkan bola ke gawang China.

Indonesia terus menekan pertahanan China pada menit-menit akhir pertandingan. Namun, tendangan voli Haye pada menit ke-88 masih belum membuahkan hasil. Hingga akhir laga, tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga Indonesia harus menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Dengan hasil ini, Indonesia masih tertahan di posisi kelima klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga Grup F dengan torehan tiga poin. Sementara itu, China berada di posisi terbawah dengan poin yang sama, tetapi Indonesia unggul selisih gol.

Indonesia masih memiliki dua pertandingan sisa di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C pada bulan November mendatang. Skuad Garuda akan bertindak sebagai tuan rumah saat menghadapi Jepang pada 15 November 2024, dan akan kembali berhadapan dengan China pada 5 Juni 2025.

Kekalahan dari China tentunya menjadi catatan penting bagi Timnas Indonesia. Evaluasi mendalam perlu dilakukan untuk memperbaiki performa tim menjelang dua laga penting berikutnya di kualifikasi Piala Dunia 2026.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini