Tim Nasional (Timnas) Indonesia harus menelan pil pahit menyusul hasil mengecewakan di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda hanya mampu meraih hasil imbang 2-2 saat menghadapi Bahrain dan takluk 1-2 dari China. Akibatnya, poin Indonesia di peringkat FIFA pun mengalami penurunan drastis.

Dari hasil dua pertandingan tersebut, Indonesia diperkirakan akan merosot ke posisi ke-130, karena kehilangan lebih dari sembilan poin. Pelatih Shin Tae-yong kini harus memutar otak guna meningkatkan performa tim agar bisa kembali ke posisi terbaiknya.

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia saat ini berada di bawah Thailand yang menempati peringkat ke-96 dan Vietnam yang berada di posisi ke-119. Sementara itu, Malaysia yang juga mengalami kekalahan berada di peringkat ke-133, diikuti oleh Filipina, Singapura, Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Penurunan peringkat ini menjadi pukulan telak bagi Indonesia yang berharap bisa tampil lebih baik di kancah internasional. Shin Tae-yong dan anak asuhnya kini memiliki tugas berat untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk bersaing dengan tim-tim teratas.

Meskipun peringkat Indonesia mengalami penurunan, Argentina masih diprediksi akan tetap menjadi tim teratas di ranking FIFA. Albiceleste telah mencatatkan 1.883,50 poin, dengan selisih yang cukup jauh dari tim-tim peringkat kedua dan seterusnya.

Dengan berakhirnya Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia diharapkan bisa segera melakukan evaluasi dan perbaikan. Para pemain, pelatih, dan seluruh elemen yang terlibat harus bekerja sama dengan baik untuk mengembalikan prestasi Indonesia di kancah internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini