Kekalahan Timnas Indonesia dari China dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 meninggalkan sesal mendalam bagi Thom Haye. Gelandang timnas Indonesia tersebut menyoroti cara bermain lawan yang dinilai negatif.

Berlaga di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Indonesia takluk dengan skor tipis 1-2. Gol-gol dari Behram Abduwelli dan Yuning Zhang menjadi mimpi buruk bagi skuad Garuda. Indonesia hanya mampu membalas satu gol melalui Thom Haye di menit ke-86.

Meskipun menguasai jalannya pertandingan dengan persentase penguasaan bola di atas 70%, Thom Haye menyayangkan strategi permainan China yang dinilai terlalu negatif.

"Kami melawan tim yang hanya tahu cara jatuh dan membuang waktu. Timnas China tidak bermain sepakbola yang sebenarnya," ungkap Thom Haye dikutip dari media China Dongqiudi.

Menurut Thom Haye, permainan negatif Tiongkok membuat Indonesia kebobolan dua gol mudah. Meski begitu, ia memuji semangat juang timnya yang tetap tangguh hingga akhir pertandingan.

"Saya merasa menyesal. Kami kebobolan dua gol dengan mudah, tetapi kami bermain bagus dan tim ini masih cukup tangguh," lanjut Thom Haye.

Gol Thom Haye menjadi gol ke-100 Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan ini telah memimpin Indonesia dalam 51 pertandingan dengan catatan 24 kemenangan, 13 hasil imbang, dan 14 kekalahan.

Kekalahan ini menjadi pukulan telak bagi Indonesia yang masih berjuang menembus zona play-off Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia kini menempati peringkat kelima klasemen dengan koleksi 10 poin, tertinggal 5 poin dari Uni Emirat Arab di peringkat keempat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini