Barcelona gagal memanfaatkan kesempatan untuk mendekati Real Madrid di puncak klasemen LaLiga setelah ditahan imbang 0-0 oleh Athletic Bilbao di San Mames, Senin (4/3/2024) dini hari WIB. Tim asuhan Xavi Hernandez tidak mampu menembus pertahanan rapat yang dibangun oleh tim tuan rumah yang dilatih oleh mantan pelatih Barca, Ernesto Valverde.

Barcelona sebenarnya tampil menyerang sejak awal pertandingan. Tim tamu mendapat peluang lewat tendangan bebas Ilkay Gundogan yang diteruskan dengan sundulan oleh Andreas Christensen, tapi masih melambung di atas gawang. Namun, Barca harus kehilangan dua pemain pentingnya karena cedera. Frenkie de Jong mengalami cedera pada pergelangan kaki pada menit ke-26 dan harus digantikan oleh Fermin Lopez. Kemudian, Pedri juga harus ditarik keluar pada menit ke-45 dan digantikan oleh Lamine Yamal.

Bilbao juga tidak tinggal diam. Tim tuan rumah mengancam lewat tembakan Alex Berenguer yang masih bisa diantisipasi oleh Marc-Andre ter Stegen. Bilbao juga bermain keras dan membuat Barca kesulitan mengembangkan permainan. Tim tuan rumah mendapat tiga kartu kuning, sedangkan Barca juga mendapat tiga kartu kuning.

Di babak kedua, Barca mencoba meningkatkan intensitas serangan. Robert Lewandowski mendapat peluang emas pada menit ke-50, tapi sepakannya masih bisa ditepis oleh Unai Simon. Barca juga mengandalkan Raphinha dan Joao Felix yang masuk menggantikan Raphinha dan Joao Cancelo, tapi tidak ada gol yang tercipta.

Bilbao juga tidak menyerah. Tim tuan rumah nyaris mencetak gol pada menit ke-77, tapi tembakan Inaki Williams masih bisa diblok oleh Jules Kounde. Bilbao juga mengandalkan kecepatan dan tenaga segar dari Asier Villalibre dan Malcom Ares yang masuk menggantikan Gorka Guruzeta dan Inaki Williams, tapi Barca masih bisa bertahan.

Hingga laga usai, skor 0-0 tetap bertahan. Dengan hasil ini, Barca hanya menambah satu poin dan berada di peringkat ketiga dengan 58 poin dari 36 laga. Barca tertinggal delapan poin dari Madrid dan satu angka dari Girona. Sementara itu, Bilbao berada di posisi kelima dengan 50 poin.

Barca kini harus segera bangkit dan fokus pada laga berikutnya melawan Real Sociedad di Camp Nou pada Minggu (10/3/2024). Barca masih berharap Madrid dan Girona akan terpeleset di sisa laga. Sedangkan Bilbao akan menghadapi Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan pada Sabtu (9/3/2024).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini