[Judul Artikel]

Piala AFF atau ASEAN Cup 2024 semakin mendekati kenyataan. Setelah Timor Leste dipastikan melengkapi Grup A, kini ke-10 peserta turnamen dua tahunan tersebut sudah resmi.

Terbagi dalam dua grup, Grup A diisi oleh Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste. Sementara Grup B dihuni oleh Indonesia, Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Format kompetisi masih sama, yaitu round robin dengan setiap tim memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang di fase grup. Dua tim teratas dari masing-masing grup berhak melaju ke babak semifinal, yang akan digelar dengan sistem dua leg.

Menariknya, Timnas Indonesia kembali ditangani oleh pelatih Shin Tae-yong di ajang ini. Hal tersebut karena babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan rehat di akhir tahun.

Shin Tae-yong dikabarkan akan mengandalkan pemain-pemain muda U-23 di Piala AFF 2024. Ia juga akan kesulitan memanggil pemain keturunan yang bermain di Eropa karena turnamen ini tidak masuk dalam kalender FIFA.

Indonesia tergabung di Grup B yang bisa dibilang cukup berat. Vietnam, Filipina, dan Myanmar adalah tim-tim yang memiliki kualitas yang tidak bisa diremehkan.

Laga perdana Indonesia di Piala AFF 2024 akan digelar pada 23 November 2024, sementara partai puncak akan berlangsung pada 21 Desember 2024.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh masyarakat, diharapkan Timnas Indonesia dapat meraih hasil positif di turnamen bergengsi ASEAN ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini