Penunjukan Thomas Tuchel sebagai pelatih Timnas Inggris mendapat reaksi beragam, termasuk dari mantan bintang The Three Lions, Wayne Rooney. Ia mengaku terkejut dengan keputusan FA untuk memilih pelatih asing.

"Saya terkejut. Dia pelatih hebat, tapi saya terkejut FA menunjukkannya," ujar Rooney, seperti dikutip BBC.

Rooney mempertanyakan kebijakan FA yang selama ini mempromosikan pelatih tim level usia muda untuk naik ke tim senior. "FA sudah membangun wadah yang bagus selama 10-15 tahun untuk perkembangan karier pelatih muda, sehingga saya terkejut mereka tidak mengambil dari sana," katanya.

Keputusan FA ini menimbulkan spekulasi bahwa mereka kehabisan pilihan pelatih lokal. Padahal, sempat beredar kabar bahwa Lee Carsley akan dipermanenkan sebagai pelatih sebelum akhirnya FA memutuskan untuk memilih Tuchel.

Sebagai mantan pemain yang pernah dilatih oleh pelatih asing, Rooney memahami tantangan yang akan dihadapi Tuchel. "Dia akan menghadapi tekanan besar karena ini adalah pekerjaan yang sulit," kata Rooney.

Namun, Rooney tetap mendoakan yang terbaik untuk Tuchel. "Saya berharap dia bisa bekerja dengan baik bersama kami," harapnya.

Penunjukan Tuchel sebagai pelatih Inggris memicu perdebatan tentang masa depan pelatih lokal. Beberapa pihak berpendapat bahwa FA seharusnya memberikan kesempatan kepada pelatih Inggris untuk memimpin Timnas.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa FA harus memilih pelatih terbaik, terlepas dari asal negaranya. Tuchel sendiri memiliki rekam jejak yang impresif, pernah meraih gelar Liga Champions bersama Chelsea dan membawa Borussia Dortmund lolos ke final kompetisi tersebut.

Kontroversi seputar penunjukan Tuchel kemungkinan akan terus berlanjut. Namun, yang jelas, Rooney berharap Tuchel bisa membawa kesuksesan bagi Timnas Inggris di masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini