Manchester City berhasil mengalahkan rival sekotanya, Manchester United, dengan skor 3-1 di Etihad Stadium, Minggu (3/3/2024) malam WIB. Dua bintang muda City, Phil Foden dan Erling Haaland, menjadi pahlawan kemenangan tim tuan rumah dengan mencetak seluruh gol bagi The Citizens.

MU sebenarnya sempat memberikan kejutan dengan unggul lebih dulu melalui gol Marcus Rashford pada menit kedelapan. Rashford memanfaatkan umpan panjang dari kiper Andre Onana dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau oleh Ederson.

Namun, City tidak tinggal diam dan terus menekan pertahanan MU. Onana tampil gemilang dengan menepis beberapa peluang emas yang diciptakan oleh Foden, Haaland, dan Riyad Mahrez. Namun, penjaga gawang asal Kamerun itu akhirnya harus mengakui keunggulan Foden pada menit ke-57.

Foden menyamakan kedudukan dengan cara yang spektakuler. Dia berhasil mengecoh Victor Lindelof dengan gerakan cepatnya sebelum melesakkan bola ke pojok kanan gawang Onana. Gol ini sekaligus membalas gol Rashford yang juga mencetak gol dari luar kotak penalti.

City semakin percaya diri setelah menyamakan kedudukan dan terus menggempur lini belakang MU. Foden kembali menjadi mimpi buruk bagi Setan Merah dengan mencetak gol keduanya pada menit ke-80. Dia menerima umpan silang dari Mahrez dan menaklukkan Onana dengan sundulan jitu.

MU yang tertinggal dua gol mencoba bangkit dan mencari gol balasan. Namun, mereka malah kebobolan lagi di masa injury time. Haaland yang sebelumnya gagal mencetak gol di babak pertama, akhirnya memperbesar keunggulan City menjadi 3-1 dengan menuntaskan umpan terobosan dari Foden.

Dengan hasil ini, City tetap menempel Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris dengan selisih satu poin. Sementara itu, MU harus puas berada di posisi kelima dengan terpaut 12 poin dari City.

Foden dan Haaland kembali menunjukkan kehebatan mereka di laga derby. Keduanya sudah mengoleksi enam gol pada laga derby musim ini, hanya kalah dari Sergio Aguero yang pernah mencetak delapan gol. Foden juga menjadi pemain yang paling sering menjebol gawang MU, bersama dengan Brighton & Hove Albion, dengan enam gol.

Pelatih City, Pep Guardiola, mengaku bangga dengan penampilan Foden dan Haaland. Dia mengatakan bahwa kedua pemain itu memiliki semangat yang tinggi untuk bermain sepak bola dan selalu menonjol di laga-laga besar.

"Saya punya banyak pemain yang hebat, tapi Foden dan Haaland adalah yang spesial. Mereka hidup untuk main sepak bola. Mereka selalu berusaha keras dan memberikan yang terbaik untuk tim. Saya sangat senang dengan mereka," kata Guardiola.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini