Tim Nasional (Timnas) Indonesia tengah bersiap menghadiri dua turnamen besar di penghujung tahun 2024. Ajang tersebut yaitu lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Piala AFF 2024 atau ASEAN Cup.

Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Skuad Garuda masih menyisakan enam pertandingan di Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sejauh ini, Indonesia berada di posisi kelima klasemen sementara dengan tiga poin dari empat laga.

Pada matchday kelima dan keenam yang akan berlangsung pada November 2024, Indonesia akan berhadapan dengan Jepang (15 November) dan Arab Saudi (19 November). Kedua laga tersebut rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Indonesia membutuhkan hasil positif di dua laga tersebut untuk menjaga asa lolos ke babak final Piala Dunia 2026. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju langsung ke putaran final, sementara tim peringkat ketiga dan keempat akan melaju ke ronde keempat.

Piala AFF 2024

Selain Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia juga akan berpartisipasi di Piala AFF 2024 yang akan berlangsung pada akhir November hingga Desember. Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Kompetisi ini akan menggunakan format round robin, di mana setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang di fase grup. Babak semifinal dan final akan digelar dengan sistem kandang dan tandang.

Pelatih Shin Tae-yong dipastikan masih akan menangani Timnas Indonesia untuk kedua turnamen tersebut. Namun, komposisi pemain yang akan dibawa berbeda untuk Piala AFF karena kompetisi ini tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA.

Meskipun tidak termasuk kalender resmi FIFA, Piala AFF tetap menjadi ajang penting bagi Indonesia. Turnamen ini memberikan kesempatan bagi pemain muda Indonesia untuk berprestasi dan meningkatkan pengalaman bertanding di level internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini