Manchester United (MU) kembali menelan kekalahan dari rival sekotanya, Manchester City, dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (3/3) malam WIB. MU kalah 3-1 dari City di Etihad Stadium, setelah sempat unggul lebih dulu lewat gol Marcus Rashford. Namun, City mampu membalikkan keadaan di babak kedua dengan dua gol dari Phil Foden dan satu gol dari Erling Haaland.

Kekalahan ini membuat MU tertinggal 12 poin dari City yang memuncaki klasemen sementara Liga Inggris. MU juga gagal memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di kandang City menjadi tujuh pertandingan. Ini adalah kekalahan kedua MU dari City musim ini, setelah sebelumnya juga kalah 2-0 di Old Trafford pada November 2023.

Mantan kapten dan legenda MU, Roy Keane, mengkritik keras penampilan timnya yang dianggapnya mengecewakan. Keane menilai MU tidak memiliki mentalitas juara dan menyerah begitu saja setelah City menyamakan kedudukan. Keane bahkan mengatakan MU beruntung hanya kalah 3-1 dari City, karena sebenarnya mereka bisa kalah lebih telak.

"MU tidak punya karakter dan kepribadian yang kuat. Mereka hanya bertahan setelah mencetak gol pertama dan tidak bisa mengancam gawang City lagi. Mereka membuat banyak kesalahan dan kehilangan bola dengan mudah. Mereka beruntung City tidak mencetak empat atau lima gol," ujar Keane kepada BBC.

Keane juga menyoroti beberapa pemain MU yang tampil buruk, seperti Bruno Fernandes, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, dan Fred. Keane menyarankan manajer MU, Mauricio Pochettino, untuk mencari pengganti mereka di bursa transfer musim panas nanti. Keane mengatakan MU perlu merekrut pemain-pemain yang memiliki kualitas dan mentalitas yang lebih baik.

"MU perlu memperbaiki skuad mereka. Mereka memiliki beberapa pemain yang tidak layak bermain untuk MU. Mereka tidak berlari, tidak berjuang, dan tidak berani. Mereka tidak pantas memakai seragam MU. Pochettino harus mencari pemain-pemain baru yang bisa membawa MU kembali ke puncak," kata Keane.

Sementara itu, pelatih City, Pep Guardiola, mengaku puas dengan kemenangan timnya atas MU. Guardiola memuji performa Foden dan Haaland yang menjadi bintang kemenangan City. Guardiola juga mengapresiasi kerja keras dan semangat timnya yang tidak menyerah meski tertinggal lebih dulu.

"Kami sangat senang dengan hasil ini. Kami bermain dengan baik dan menciptakan banyak peluang. Kami tidak panik ketika ketinggalan gol dan kami terus menekan MU. Foden dan Haaland adalah pemain luar biasa yang bisa mencetak gol kapan saja. Kami bermain sebagai tim dan kami pantas mendapatkan tiga poin," tutur Guardiola.

Dengan kemenangan ini, City semakin kokoh di puncak klasemen dengan 71 poin dari 28 pertandingan. City unggul 12 poin dari MU yang berada di posisi kedua dengan 59 poin dari 29 pertandingan. City juga masih memiliki satu pertandingan sisa yang bisa menambah keunggulan mereka atas MU.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini