Timnas Indonesia akan segera menghadapi Vietnam dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pelatih Shin Tae-yong tampaknya sudah menyiapkan kejutan dengan memanggil pemain naturalisasi Jay Idzes yang bermain di klub Italia, Venezia.

Jay Idzes adalah pemain berdarah Belanda-Indonesia yang baru saja mendapatkan paspor Indonesia pada akhir tahun 2023. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu telah mengucapkan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta pada 28 Desember 2023.

Shin Tae-yong sendiri saat ini sedang berada di Eropa untuk memantau pemain-pemain keturunan lain yang berpotensi memperkuat Timnas Indonesia. Salah satu yang dikunjunginya adalah Jay Idzes. Shin menyaksikan langsung penampilan Jay Idzes saat Venezia kalah 1-2 dari Como dalam lanjutan Serie B, Minggu (3/3/2024).

Setelah pertandingan, Shin menemui Jay Idzes dan memberikan kode bahwa ia akan memanggilnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. "Pertama kali menyapa Jay setelah menyaksikan laga tandangnya. Sampai jumpa 17 Maret," tulis Shin Tae-yong di akun Instagram pribadinya.

Tanggal 17 Maret adalah waktu pemusatan latihan Timnas Indonesia yang akan menghadapi Vietnam pada 21 Maret di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan 26 Maret di Hanoi. Jay Idzes sendiri mengaku siap menampilkan performa terbaik jika dipanggil Timnas Indonesia.

"Mulai sekarang, saya hanya tersedia untuk pelatih [Shin Tae-yong] dan itu adalah keputusannya tentang apa yang dia ingin lakukan dan saya hanya tersedia dan terbuka untuk segalanya," kata Jay Idzes kepada wartawan di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta pada 28 Desember 2023.

Jay Idzes diharapkan bisa menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di lini belakang Timnas Indonesia. Meski ada beberapa pemain naturalisasi lain yang bisa bermain di posisi itu, seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Justin Hubner, dan Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes memiliki keunggulan dengan pengalaman bermain di Eropa.

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi terbawah Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan nol poin dari lima pertandingan. Vietnam memimpin klasemen dengan 11 poin dari lima pertandingan. Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya jika bisa mengalahkan Vietnam dua kali dan menunggu hasil dari pertandingan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini