Persis Solo berhasil meraih kemenangan dramatis atas PSM Makassar dengan skor 1-0 dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (4/3/2024). Gol tunggal kemenangan Laskar Sambernyawa dicetak oleh Moussa Sidibe di babak kedua.

Persis Solo menghadapi PSM Makassar dengan kondisi yang tidak mudah. Mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-23, setelah Muhammad Riyandi mendapatkan kartu merah karena melanggar Adilson Silva. Namun, hal itu tidak membuat mereka menyerah.

Bertanding di hadapan pendukung fanatiknya, Pasoepati, Persis Solo tetap bermain dengan semangat dan disiplin. Mereka mampu menahan serangan-serangan PSM Makassar, yang diperkuat oleh Victor Mansaray dan Kenzo Nambu di lini depan.

Di babak pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol. PSM Makassar mendominasi penguasaan bola, namun gagal menciptakan peluang berbahaya. Persis Solo juga sesekali memberikan ancaman lewat Ramadhan Sananta dan Moussa Sidibe.

Di babak kedua, kejutan terjadi saat Persis Solo justru mampu unggul lebih dulu. Pada menit ke-54, Moussa Sidibe berhasil memanfaatkan kesalahan kiper PSM Makassar, Ardiansyah, yang gagal mengamankan bola. Mantan pemain Johor Darul Ta’zim itu dengan sigap menyambar bola dan melepaskan tembakan yang bersarang di gawang PSM Makassar.

Gol tersebut membuat Persis Solo semakin percaya diri. Mereka terus berusaha menggandakan keunggulan, namun masih bisa dimentahkan oleh pertahanan PSM Makassar. Di sisi lain, PSM Makassar juga tidak tinggal diam. Mereka meningkatkan intensitas serangan, namun masih kesulitan menembus rapatnya barisan belakang Persis Solo.

PSM Makassar mendapatkan beberapa peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-72, Adilson Silva melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun masih melebar dari sasaran. Kemudian, pada menit ke-88, Yakob Sayuri mendapat kesempatan emas, namun tendangannya masih bisa ditepis oleh kiper pengganti Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk kemenangan Persis Solo tidak berubah. Kemenangan ini mengantar Persis Solo naik ke posisi 11 dengan 35 poin, menyalip PSM Makassar yang turun ke peringkat 12 dengan 34 poin dari 17 laga.

Pelatih Persis Solo, Milomir Seslija, mengaku bangga dengan penampilan anak asuhnya. Ia mengatakan bahwa kemenangan ini adalah hasil dari kerja keras dan semangat juang yang tinggi dari para pemainnya.

"Saya sangat bangga dengan pemain saya. Mereka bermain dengan hati dan jiwa. Mereka tidak menyerah meski bermain dengan 10 pemain. Mereka menunjukkan karakter yang luar biasa. Saya ucapkan selamat kepada mereka atas kemenangan ini," ujar Seslija dalam konferensi pers usai pertandingan.

Sementara itu, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, mengakui kekalahan timnya. Ia mengatakan bahwa PSM Makassar kurang beruntung dan kurang efektif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Ia juga memberikan apresiasi kepada Persis Solo yang bermain dengan baik.

"Kami kalah karena kami tidak bisa mencetak gol. Kami punya banyak peluang, tapi kami tidak bisa memaksimalkannya. Kami juga kurang beruntung karena ada beberapa keputusan wasit yang merugikan kami. Tapi, saya tidak mau mencari alasan. Saya ucapkan selamat kepada Persis Solo yang bermain dengan baik dan pantas menang," kata Tavares.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini