Bayern Munich akan menghadapi laga hidup mati saat menjamu Lazio di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (6/3/2024) dini hari WIB. Tim asuhan Thomas Tuchel harus mengejar ketertinggalan 0-1 dari leg pertama di Italia. Jika gagal, Tuchel bisa saja kehilangan pekerjaannya lebih cepat dari yang diharapkan.

Tuchel sendiri telah mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Bayern di akhir musim ini, setelah tiga tahun membesut Die Roten. Namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Tuchel bisa saja dipecat lebih awal jika Bayern tersingkir dari Liga Champions. Pasalnya, Bayern juga tertinggal 10 poin dari Borussia Dortmund di Bundesliga dan sudah tersingkir dari DFB Pokal.

Tuchel mengaku tidak terganggu dengan spekulasi tersebut dan tetap fokus pada pertandingan melawan Lazio. Ia mengatakan bahwa ia dan klub telah sepakat untuk berpisah dengan baik dan tidak ada perubahan dalam kesepakatannya. Ia juga menegaskan bahwa ia masih memiliki dukungan penuh dari para pemain dan staf.

"Kami semua sadar bahwa ini adalah pertandingan yang sangat penting dan tentu saja ada tekanan dalam situasi seperti ini. Kami harus menang dengan selisih dua gol atau lebih melawan tim Italia yang tangguh, yang dilatih oleh [Maurizio] Sarri," kata Tuchel, seperti dikutip dari detik.com.

"Tekanan itu wajar dan kami membutuhkannya untuk memberikan penampilan yang bagus. Kami tidak boleh menyerah dan kami harus percaya pada kemampuan kami. Kami memiliki tim yang berkualitas dan kami harus menunjukkan karakter yang kuat," lanjutnya.

Bayern memang memiliki catatan bagus di Liga Champions, di mana mereka hanya sekali tersingkir di babak 16 besar dalam 12 musim terakhir, yaitu pada 2018/19. Namun, mereka juga harus waspada dengan ancaman dari Lazio, yang memiliki pemain-pemain berbahaya seperti Ciro Immobile, Luis Alberto, dan Sergej Milinkovic-Savic.

Lazio sendiri datang ke Munich dengan modal positif, setelah menang 3-0 atas Sampdoria di Serie A. Mereka juga memiliki keunggulan agregat 1-0 berkat gol tunggal Joaquin Correa di leg pertama. Pelatih Sarri mengatakan bahwa timnya tidak akan bermain bertahan dan akan mencoba mencetak gol tandang.

"Kami tidak bisa bermain untuk hasil imbang, karena itu akan menjadi bunuh diri. Kami harus bermain dengan keberanian dan mencoba menyerang. Kami tahu bahwa Bayern adalah tim yang hebat, tapi kami juga punya kepercayaan diri," ujar Sarri, seperti dikutip dari kompasiana.com.

Pertandingan ini diprediksi akan berlangsung seru dan sengit, karena kedua tim sama-sama berambisi untuk melaju ke perempatfinal. Siapakah yang akan berhasil mengamankan tiket ke babak berikutnya? Apakah Bayern bisa membalikkan keadaan dan menyelamatkan nasib Tuchel? Ataukah Lazio bisa mempertahankan keunggulan mereka dan membuat kejutan besar? Mari kita saksikan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini