PSBS Biak berhasil meraih kemenangan telak 3-0 atas Semen Padang di leg pertama final Liga 2 2023/2024, yang digelar di Stadion Cendrawasih, Biak, Selasa (5/3/2024). Tim berjuluk Badai Pasifik itu kini tinggal selangkah lagi menjadi juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1.

Pertandingan berlangsung di bawah guyuran hujan yang membuat lapangan tergenang air. Wasit sempat menghentikan laga pada menit ke-42 untuk memberi kesempatan panitia penyelenggara memperbaiki kondisi lapangan. Setelah berhenti nyaris satu jam, laga dilanjutkan.

PSBS Biak unggul lebih dulu pada menit ke-27 melalui gol Otavio Dutra. Bek asal Brasil itu menyambut umpan silang dari sayap kanan dengan sundulan yang gagal diantisipasi oleh kiper Semen Padang. Gol ini sempat membuat kontroversi karena pemain belakang Semen Padang mengklaim bola sudah keluar lapangan sebelum disodorkan ke Dutra.

PSBS Biak menambah gol pada menit ke-35, tapi dianulir oleh wasit karena Osas Saha sudah berdiri offside saat menerima umpan sebelum menjebol gawang Semen Padang. Namun, tim tuan rumah tidak menyerah dan berhasil menggandakan keunggulan pada masa injury time babak pertama. Kali ini, Alexsandro dos Santos yang mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan jarak dekat.

Di babak kedua, hujan sudah berhenti dan intensitas permainan meningkat. Semen Padang mencoba bangkit dan mencari gol balasan, tapi PSBS Biak tetap tampil solid di lini belakang. Bahkan, tim Badai Pasifik bisa menambah gol ketiga pada menit ke-80 lewat sundulan Alberto Goncalves yang memanfaatkan umpan dari sisi sayap kiri.

PSBS Biak nyaris mencetak gol keempat pada menit ke-83, tapi lagi-lagi dianulir oleh wasit karena Fabiano Beltrame melakukan pelanggaran saat menyambut sepak pojok sebelum menjaringkan bola. Hingga laga usai, skor 3-0 untuk kemenangan PSBS Biak tetap bertahan.

Dengan hasil ini, PSBS Biak berpeluang besar untuk menjadi juara Liga 2 musim ini. Mereka hanya perlu menahan imbang atau kalah dengan selisih dua gol atau kurang di leg kedua yang akan digelar di Stadion H. Agus Salim, Padang, Sabtu (9/3) mendatang. Sementara itu, Semen Padang harus menang dengan margin empat gol tanpa kebobolan agar bisa membalikkan keadaan.

Artikel ini dibuat berdasarkan informasi dari sumber-sumber berikut:

Hasil Final Leg I Liga 2 – 2 Gol Dianulir, PSBS Biak Selangkah Lagi Jadi Juara usai Hajar Semen Padang FC
Hasil Final Liga 2: PSBS Hajar Semen Padang 3-0 di Leg I – detiksport
HASIL Akhir Leg I Final Liga 2 PSBS vs Semen Padang Selangkah Lagi Badai Pasifik Menuju Tangga Juara
Hasil PSBS Biak vs Semen Padang di Leg I Final Liga 2 2023-2024: Menang 3-0, Badai Pasifik Selangkah Lagi Juara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini