Laga leg pertama playoff promosi Liga 1 antara Persiraja Banda Aceh dan Malut United berakhir dengan kericuhan di masa injury time. Wasit memutuskan untuk mengakhiri pertandingan yang berlangsung di Stadion Langsa, Aceh, pada Selasa (5/3/2024) sore, dengan skor imbang 0-0.

Pemicu kericuhan adalah pelanggaran yang dilakukan oleh bek Malut United, Jeong Ho-min, terhadap pemain Persiraja di kotak penalti. Namun, wasit tidak memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah, melainkan melanjutkan pertandingan. Hal ini menimbulkan kemarahan dari pemain dan suporter Persiraja, yang merasa dirugikan oleh keputusan wasit.

Situasi semakin memanas ketika sejumlah suporter Persiraja turun ke lapangan dan berusaha menghampiri wasit. Wasit kemudian meninggalkan lapangan dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan. Para pemain kedua tim masih menunggu di lapangan, sebagian tertunduk lesu menyesali apa yang sudah terjadi.

Setelah terhenti, laga akhirnya diputuskan selesai 0-0 . Hasil ini tentunya belum menentukan siapa yang akan mendapatkan tiket promosi terakhir ke Liga 1. Masih ada laga leg kedua yang akan digelar pada 9 Maret di Stadion Madya, Jakarta. Malut United akan gantian menjadi tuan rumah dan berusaha memanfaatkan keuntungan bermain di depan pendukung sendiri.

Persiraja dan Malut United sama-sama berambisi untuk lolos ke Liga 1 musim depan, setelah gagal di semifinal Liga 2 2023/2024. Persiraja kalah agregat 5-1 dari PSBS Biak, sementara Malut United kalah tipis 2-1 dari Semen Padang. Kedua tim yang lolos ke final, PSBS dan Semen Padang, sudah dipastikan promosi ke Liga 1.

Laga Persiraja vs Malut United juga menjadi sorotan karena menjadi laga pertama yang disaksikan oleh penonton secara langsung di stadion, setelah sebelumnya dilarang karena pandemi COVID-19. Sayangnya, kehadiran penonton justru membawa dampak negatif bagi jalannya pertandingan. Kericuhan yang terjadi juga berpotensi menimbulkan sanksi dari PSSI atau PT Liga Indonesia Baru.

Baca juga: Prediksi Persiraja vs Malut Playoff Promosi Liga 1 Live di Mana?

Gambar: Penonton masuk lapangan di masa injury time di pertandingan Persiraja vs Malut United di perebutan juara 3 Liga 2 dan tiket promosi Liga 1 di Stadion Langsa, Aceh, Selasa (5/3/2024).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini