Liverpool berhasil meraih gelar juara Liga Inggris musim 2023/2024 setelah mengalahkan rival terberatnya, Manchester City, dengan selisih satu poin di klasemen akhir. Ini adalah gelar keempat Liverpool di era Jurgen Klopp, yang sebelumnya juga telah memenangkan Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Keberhasilan Liverpool ini tentu saja sangat membanggakan bagi klub dan para penggemarnya, mengingat mereka harus bersaing dengan Manchester City yang memiliki sumber daya finansial yang sangat besar. Dalam enam musim terakhir, Manchester City telah memenangkan 24 trofi, termasuk tujuh gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions.

Namun, apakah jumlah trofi yang dimenangkan oleh Manchester City menunjukkan bahwa mereka lebih sukses daripada Liverpool? Salah satu pemain kunci Liverpool, Trent Alexander-Arnold, tidak setuju dengan hal itu. Ia berpendapat bahwa trofi-trofi yang diraih oleh Liverpool lebih bernilai daripada trofi-trofi yang diraih oleh Manchester City.

"Kami melawan sebuah mesin yang dibangun untuk menang — itulah cara paling sederhana untuk menggambarkan City dan organisasi mereka," ujar Alexander-Arnold kepada FourFourTwo. "Melihat kembali era ini, meskipun mereka memenangkan lebih banyak titel juara daripada kami dan mungkin lebih sukses, trofi-trofi kami akan berarti lebih buat kami dan suporter kami karena situasi di kedua klub, secara finansial."

"Bagaimana kedua klub membangun tim-tim mereka dan cara kami melakukannya, mungkin berarti lebih besar untuk fans kami," tambahnya.

Alexander-Arnold tidak sendirian dalam menyatakan pendapatnya. Banyak pengamat sepak bola yang juga mengakui bahwa Liverpool memiliki prestasi yang lebih tinggi daripada Manchester City, mengingat mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan sepanjang perjalanan mereka.

Salah satunya adalah Greg Satria, seorang wiraswasta dan pengamat sepak bola, yang menulis di Kompasiana. Ia menilai bahwa Liverpool memiliki peluang lebih besar untuk meraih quadruple (empat gelar) musim ini, daripada Manchester City yang hanya bisa meraih treble (tiga gelar).

"Jika sukses rengkuh semua trofi tersisa, yakni FA Cup, Premier League dan Europa League, maka Liverpool akan menjadi klub Inggris pertama yang raih quadruple (4 gelar) dalam semusim!" tulis Satria. "Sementara peraih treble (3 gelar) di musim lalu, Manchester City, hingga kini masih menjaga peluangnya menyamai prestasi di musim lalu (2022/2023)."

Satria juga menyoroti bahwa Liverpool memiliki keunggulan dalam hal mentalitas dan motivasi, yang dibentuk oleh Klopp selama enam tahun terakhir. Ia mengatakan bahwa Klopp telah berhasil menciptakan sebuah tim yang solid, kompak, dan bersemangat, yang selalu berjuang sampai akhir.

"Klopp sendiri telah mengatakan bahwa Community Shield merupakan ajang yang penting," lanjut Satria. "Ini menunjukkan bahwa Klopp tidak pernah meremehkan setiap kompetisi yang diikuti oleh Liverpool. Ia selalu ingin memenangkan semua trofi yang ada, dan tidak mau puas dengan apa yang sudah diraih."

Sementara itu, Manchester City dianggap kurang memiliki mentalitas dan motivasi yang sama dengan Liverpool. Meskipun mereka memiliki skuad yang berkualitas dan berpengalaman, mereka seringkali gagal tampil maksimal di momen-momen krusial, terutama di Liga Champions.

"Manchester City kini memasuki periode ‘ngegas’nya di sepertiga akhir musim, sama seperti yang dilakukan mereka di tiga musim terakhir," jelas Satria. "Namun, apakah mereka bisa mengulangi prestasi mereka di musim lalu, atau bahkan melampaui Liverpool yang sedang on fire? Saya rasa itu sangat sulit."

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Liverpool memiliki prestasi yang lebih tinggi daripada Manchester City, meskipun mereka kalah jumlah trofi. Trofi-trofi yang diraih oleh Liverpool lebih bernilai karena mereka harus berjuang lebih keras dan lebih lama daripada Manchester City, yang memiliki keuntungan finansial yang besar. Liverpool juga memiliki mentalitas dan motivasi yang lebih kuat daripada Manchester City, yang seringkali gagal di kompetisi Eropa. Liverpool adalah klub yang pantas mendapatkan penghargaan dan penghormatan sebagai salah satu klub terbaik di dunia saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini