Lazio harus mengakui keunggulan Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions. Tim asal Italia itu kalah agregat 1-3 dari juara bertahan Jerman setelah ditahan imbang 0-0 di leg kedua di Allianz Arena, Rabu (6/3/2024) dini hari WIB.

Lazio sebenarnya punya peluang untuk membuat kejutan di leg kedua setelah kalah 0-1 di leg pertama di Stadion Olimpico. Namun, mereka gagal memanfaatkan kesempatan yang didapat di depan gawang Bayern.

Salah satu peluang terbaik Lazio datang pada menit ke-24 saat Ciro Immobile menanduk bola umpan silang dari sisi kiri. Namun, tandukan Immobile masih bisa ditepis oleh kiper Bayern, Manuel Neuer.

Bayern sendiri tidak tinggal diam. Mereka mencoba merespons serangan Lazio dengan mengandalkan duet Harry Kane dan Thomas Mueller di lini depan. Kedua pemain itu beberapa kali mengancam gawang Lazio, namun belum bisa menemukan jala.

Babak kedua berjalan dengan tempo yang lebih rendah. Bayern tampak puas dengan keunggulan agregat yang mereka miliki, sementara Lazio kesulitan menembus pertahanan rapat lawan.

Bayern hampir membuka skor pada menit ke-64 saat Kane melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melambung di atas mistar gawang Lazio.

Lazio juga tidak mau menyerah begitu saja. Mereka mencoba mencari gol hiburan yang bisa mengobati rasa kecewa mereka. Pada menit ke-79, Sergej Milinkovic-Savic melepaskan tendangan voli dari dalam kotak penalti, namun bola masih bisa diblok oleh bek Bayern, Niklas Sule.

Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Bayern pun memastikan diri lolos ke perempatfinal dengan agregat 3-1, sementara Lazio harus angkat koper dari kompetisi elite Eropa.

Pelatih Lazio, Maurizio Sarri, mengaku kecewa dengan hasil ini. Ia merasa timnya bisa tampil lebih baik jika tidak membuang peluang yang ada.

"Kami bermain dengan baik di babak pertama, kami menciptakan beberapa peluang yang sayangnya tidak bisa kami maksimalkan. Kami juga bermain disiplin di lini belakang, kami tidak memberi ruang bagi Bayern untuk berkembang," kata Sarri kepada Sky Sport Italia.

"Sayangnya, kami kehilangan konsentrasi di babak kedua, kami terlalu pasif dan tidak berani menyerang. Kami harus belajar dari pengalaman ini, kami harus lebih percaya diri dan lebih tajam di depan gawang," tambahnya.

Sementara itu, pelatih Bayern, Thomas Tuchel, mengapresiasi kinerja timnya yang berhasil melaju ke babak berikutnya. Ia menilai Bayern tampil cukup solid meski tidak mencetak gol.

"Kami tahu kami sudah unggul di leg pertama, jadi kami tidak perlu terburu-buru mencari gol. Kami bermain dengan tenang dan sabar, kami mengontrol permainan dan tidak memberi kesempatan bagi Lazio untuk bangkit," ujar Tuchel kepada DAZN.

"Kami juga bermain dengan disiplin di lini belakang, kami tidak kebobolan sama sekali. Ini adalah hasil yang positif bagi kami, kami senang bisa melangkah ke perempatfinal," pungkasnya.

Bayern kini menunggu undian perempatfinal yang akan digelar pada 15 Maret 2024. Mereka berharap bisa melanjutkan langkah mereka menuju gelar kedua berturut-turut di Liga Champions.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini