Paris Saint-Germain (PSG) berhasil melaju ke perempatfinal Liga Champions setelah menyingkirkan Real Sociedad dengan agregat 4-1. Pelatih PSG, Luis Enrique, mengaku tidak takut dengan lawan-lawan yang mungkin dihadapi timnya di babak selanjutnya.

PSG menang 2-1 di leg kedua babak 16 besar yang digelar di Reale Arena, Selasa (5/3/2024) malam waktu setempat. Dua gol kemenangan tim tamu dicetak oleh Kylian Mbappe pada menit ke-15 dan 56. Sementara itu, gol hiburan Sociedad dicetak oleh Mikel Merino pada menit ke-89.

Dengan hasil ini, PSG memastikan tiket ke perempatfinal dengan keunggulan agregat 4-1. Sebelumnya, di leg pertama yang berlangsung di Parc des Princes, PSG juga menang 2-0 atas Sociedad berkat gol-gol dari Neymar dan Mbappe.

PSG merupakan salah satu tim pertama yang lolos ke perempatfinal Liga Champions musim ini. Tim lain yang sudah memastikan tempat di delapan besar adalah Bayern Munich, yang mengalahkan Juventus dengan agregat 5-2.

Drawing perempatfinal Liga Champions baru akan dilakukan pada 15 Maret mendatang. Di babak ini, tidak ada lagi pembatasan berdasarkan negara atau grup, sehingga semua tim yang lolos bisa saling bertemu.

Beberapa tim favorit yang berpeluang melaju ke perempatfinal adalah Manchester City, juara bertahan yang unggul 3-1 atas Atletico Madrid di leg pertama, Inter Milan, finalis musim lalu yang menang 2-0 atas Liverpool, dan Real Madrid, yang bermain imbang 1-1 dengan Chelsea.

Luis Enrique mengaku tidak mempermasalahkan siapapun yang menjadi lawan PSG di perempatfinal. Pelatih asal Spanyol itu meyakini bahwa timnya sudah lebih kompetitif dari sebelumnya dan bisa mengalahkan siapapun.

"Untuk sekarang belum ada tim Spanyol yang lolos, karena belum ada yang bermain lagi. Kembali ke Spanyol selalu menarik. Mari kita lihat saja apa yang akan kami dapatkan, bagaimanapun akan sangat sulit," kata Enrique dikutip dari AS.

"Kami tidak memiliki tekanan apapun, kami toh belum memenangi Liga Champions. Tanya saja apakah tim-tim rival mau bermain melawan PSG. Tim kami sudah jelas sedang meningkat. Kita lihat saja seberapa jauh kami melangkah. Tim ini sangat kompetitif. Dalam kaitannya dengan ambisi, tim ini bisa mengalahkan siapapun," ujar Enrique.

Enrique juga berpeluang untuk bereuni dengan mantan klubnya, Barcelona, yang masih memiliki peluang lolos ke perempatfinal. Barcelona bermain imbang 1-1 dengan Napoli di leg pertama babak 16 besar yang berlangsung di Stadio San Paolo. Leg kedua antara Barcelona dan Napoli akan digelar pada 12 Maret mendatang di Camp Nou.

Sementara itu, bintang PSG, Kylian Mbappe, mengaku memiliki banyak masalah dengan Enrique, meski membantunya lolos ke perempatfinal. Mbappe mengatakan bahwa ia tidak selalu sejalan dengan pelatihnya, tetapi ia tetap menghormatinya.

"Saya punya banyak masalah, tetapi saya tidak akan membicarakannya di sini. Saya tidak selalu setuju dengan Enrique, tetapi saya adalah pemainnya dan saya harus menghormatinya. Saya ingin membantu tim ini dan saya akan memberikan segalanya sampai akhir musim," kata Mbappe dikutip dari Le Parisien.

Mbappe menjadi pencetak gol terbanyak PSG di Liga Champions musim ini dengan tujuh gol. Ia juga menjadi pemain termuda yang mencapai 25 gol di kompetisi antarklub Eropa tersebut.

PSG berharap bisa melangkah lebih jauh di Liga Champions musim ini setelah dua musim sebelumnya selalu tersingkir di babak 16 besar. Tim ibu kota Prancis itu juga masih berjuang untuk mempertahankan gelar Ligue 1, di mana mereka saat ini berada di posisi kedua dengan selisih satu poin dari pemimpin klasemen, Lille.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini