Pemerintah Indonesia telah memberikan kewarganegaraan Indonesia kepada tiga pemain sepakbola asal Belanda, yaitu Ragnar Oeratmangoen, Thom Jan Haye, dan Maarten Paes. Ketiga pemain tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Kamis (7/3/2024) setelah melalui proses pemeriksaan dan penelitian oleh Tim Pemeriksa dan Peneliti Pemberian Kewarganegaraan (TP3K) .

Keputusan pemerintah ini dianggap sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, khususnya sepakbola. Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Cahyo R Muzhar, mengatakan bahwa program naturalisasi atlet merupakan bagian dari kebijakan pemerintah (sport policy) yang meliputi perekrutan, pendidikan, pelatihan, pembinaan, dan pengembangan atlet untuk meraih prestasi di ajang kompetisi tingkat regional dan internasional.

"Kebijakan ini diharapkan dapat memajukan prestasi tim nasional serta mengharumkan nama Indonesia," ujar Cahyo dalam keterangan resminya.

Selain itu, Cahyo juga menambahkan bahwa ketiga pemain naturalisasi tersebut memiliki garis keturunan Warga Negara Indonesia (WNI). Thom Jan Haye memiliki kakek yang lahir di Solo dan nenek lahir di Kawangkoan Bawah, Manado. Ragnar Oeratmangoen memiliki kakek lahir di Ambon, Maluku. Sedangkan Maarten Paes memiliki nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur .

"Pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada atlet tersebut sangat dibutuhkan oleh tim nasional Indonesia dalam rangka implementasi Instruksi Presiden No 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional sekaligus memberikan transfer knowledge (pengetahuan) kepada para atlet sepakbola Indonesia termasuk membantu dalam melakukan pembinaan atlet secara berjenjang meliputi usia dini dan usia muda," tutur Cahyo.

Dengan menjadi WNI, ketiga pemain tersebut berhak untuk memperkuat tim nasional Indonesia di berbagai ajang, seperti Kualifikasi Piala Dunia 2024, Piala Asia 2025, dan Piala AFF 2026. Mereka juga dapat bermain di Liga 1 Indonesia dengan status lokal, sehingga tidak mengurangi kuota pemain asing yang dibatasi oleh regulasi.

Ketiga pemain tersebut memiliki kualitas dan pengalaman yang cukup baik di sepakbola Eropa. Ragnar Oeratmangoen berposisi sebagai gelandang serang yang saat ini bermain untuk klub Austria, LASK Linz. Ia pernah membela timnas Belanda U-17 dan U-19. Thom Jan Haye juga berposisi sebagai gelandang yang saat ini bermain untuk klub Belanda, NAC Breda. Ia pernah membela timnas Belanda U-16, U-17, U-18, dan U-19. Maarten Paes berposisi sebagai kiper yang saat ini bermain untuk klub Belanda, FC Utrecht. Ia pernah membela timnas Belanda U-20 dan U-21 .

Dengan bergabungnya ketiga pemain tersebut, tim nasional Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetitivitasnya di kancah internasional. Mereka juga dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sepakbola nasional, baik sebagai pemain maupun sebagai mentor bagi pemain muda Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini