Liverpool berhasil meraih kemenangan telak 5-1 atas Sparta Praha di leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. Namun, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tidak sepenuhnya puas dengan penampilan timnya. Menurutnya, Liverpool seharusnya bisa bermain lebih baik dan tidak memberi kesempatan kepada lawan untuk menciptakan peluang.

Liverpool unggul cepat 3-0 di babak pertama lewat gol-gol Darwin Nunez (2) dan Luis Diaz, yang ditambah Luis Diaz dan Dominik Szoboszlai di babak kedua. Sparta sempat memperkecil skor di awal babak kedua lewat bunuh diri Conor Bradley. Meski menang besar, Klopp mengaku bahwa Liverpool tidak menjalani laga mudah dan harus bekerja keras untuk mengamankan hasil positif.

"Sparta bermain bagus; Sparta berani mengambil risiko, mereka tiba-tiba punya winger yang muncul dan kami tidak bertahan dengan baik, jadi mereka bisa membuat beberapa kali serangan balik. Kami beberapa kali kehilangan bola yang tidak perlu, yang mana itu sulit untuk dilindungi, tapi di satu sisi kami harusnya bisa lebih baik," ujar Klopp seperti dikutip dari detiksport.

"Hasilnya lebih baik dari performa kami, itulah kenyataannya. Mereka berani mengambil risiko, kami bisa menghukum mereka untuk itu dalam beberapa momen, kami mencetak gol-gol indah, kami punya beberapa momen bagus di laga, momen yang yang sangat bagus, dan kami tidak pernah berpikir bahwa bisa semudah itu bermain di sini," tambahnya.

Klopp juga mengatakan bahwa Liverpool harus tetap fokus dan tidak lengah di leg kedua yang akan digelar di Anfield pekan depan. Ia tidak ingin timnya mengulangi kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu, ketika Liverpool gagal mempertahankan keunggulan besar di kompetisi Eropa.

"Kami jelas tidak menjalani laga mudah, kami harus bekerja keras, tapi kami memang tidak mengharapkan laga mudah dan tidak seperti itu. Tapi ini hasil bagus dan kini kami pulang, istirahat, dan bertemu lagi pekan depan. Kami harus bermain dengan serius dan tidak menganggap remeh lawan, karena kami tahu apa yang bisa terjadi di sepak bola," tutur Klopp.

Liverpool saat ini berada di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 42 poin, tertinggal dua poin dari Arsenal yang berada di puncak. Liverpool juga masih berpeluang untuk meraih trofi Liga Europa, yang bisa menjadi jalan alternatif untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Klopp berharap timnya bisa mempertahankan performa baik dan meraih hasil maksimal di setiap laga yang tersisa.

"Bagian pertama musim ini telah selesai dan apa yang kami lakukan baik-baik saja. Tidak sempurna tapi tidak apa-apa. Jika saya benar, kami tidak akan terpaut lebih dari satu poin dari puncak klasemen, jika Arsenal menang. Itu jelas dalam jarak yang sangat dekat, izinkan saya mengatakannya seperti itu. Kami harus terus bekerja keras dan berusaha untuk memenangkan setiap pertandingan, baik di Liga Inggris maupun di Liga Europa," pungkas Klopp.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini