Liverpool akan menjamu Manchester City di Anfield pada Minggu (10/3/2024) malam WIB dalam lanjutan pekan ke-28 Liga Inggris. Laga ini dipandang sebagai duel dua tim teratas yang bersaing ketat dalam perebutan gelar juara.

Liverpool saat ini memimpin klasemen dengan 63 poin dari 27 pertandingan, unggul satu poin dari City yang berada di posisi kedua. Kedua tim juga memiliki rekor yang impresif, dengan Liverpool belum terkalahkan di kandang sejak April 2017, dan City menang 13 kali beruntun di semua kompetisi.

Namun, pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menolak anggapan bahwa laga ini akan menentukan siapa yang akan menjadi juara Liga Inggris musim ini. Menurutnya, masih ada banyak pertandingan yang harus dimainkan dan banyak hal yang bisa terjadi.

"Penentu perburuan gelar juara? Saya tidak tahu siapa yang mulai membahasnya, ini masih sangat awal," ujar Klopp seperti dilansir BBC. "Saya kira setelah hasil apa pun tidak ada yang seharusnya membuka botol sampanye, tapi ini tiga poin dan ini masif."

Klopp juga mengakui bahwa City adalah lawan yang sangat kuat dan memiliki kualitas di semua lini. Ia mengatakan bahwa timnya harus bermain dengan fokus, disiplin, dan percaya diri untuk bisa mengalahkan City.

"Mereka lawan yang sangat kuat jadi kami tidak sembunyi tapi kami tahu betapa sulitnya ini. Ini pertandingan besar dan kami sangat semangat bisa jadi bagian dari ini," kata Klopp.

Laga Liverpool vs City juga akan menjadi pertemuan ke-19 antara Klopp dan Pep Guardiola, pelatih City, di semua kompetisi. Keduanya memiliki rekor yang seimbang, dengan masing-masing menang delapan kali dan seri dua kali.

Klopp mengatakan bahwa ia menghormati Guardiola sebagai pelatih yang hebat dan berhasil membawa City menjadi salah satu tim terbaik di dunia. Ia juga menilai bahwa gaya bermain kedua tim sangat menarik dan menjanjikan pertandingan yang seru.

"Saya suka bermain melawan Pep karena ini adalah tantangan terbesar yang bisa anda miliki sebagai manajer. Anda harus menemukan cara untuk menghadapi timnya, yang sangat bagus dan sangat terorganisir," ujar Klopp.

"Kami memiliki gaya bermain yang berbeda tapi sama-sama efektif. Kami mencoba menciptakan peluang dengan cara kami, mereka mencoba menciptakan peluang dengan cara mereka. Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sangat menarik dan berkualitas tinggi," tambahnya.

Laga Liverpool vs City juga akan menjadi kesempatan bagi Mohamed Salah, penyerang Liverpool, untuk memperpanjang rekor mencetak gol di 16 pertandingan beruntun di Liga Inggris. Salah saat ini menjadi top skor dengan 22 gol, unggul lima gol dari Raheem Sterling, penyerang City, yang berada di posisi kedua.

Salah juga memiliki rekor bagus melawan City, dengan mencetak lima gol dan dua assist dalam delapan pertemuan sebelumnya. Salah satu gol terbaiknya adalah ketika ia melepaskan tembakan dari jarak 40 meter yang menghujam gawang City di perempat final Liga Champions 2018.

Namun, City juga memiliki senjata rahasia mereka sendiri, yaitu Kevin De Bruyne, gelandang yang baru saja pulih dari cedera. De Bruyne adalah pemain kunci City musim lalu, dengan mencatat 13 gol dan 20 assist di semua kompetisi.

De Bruyne juga memiliki pengalaman bermain di Anfield, karena ia pernah membela Liverpool pada musim 2013-2014 dengan status pinjaman dari Chelsea. Ia mengaku bahwa Anfield adalah stadion yang sulit untuk dimainkan, karena atmosfer dan dukungan yang luar biasa dari para pendukung Liverpool.

"Anfield adalah salah satu stadion terbaik di dunia. Suasana di sana sangat luar biasa dan mereka memiliki tim yang sangat bagus. Kami harus siap untuk pertempuran dan memberikan yang terbaik," kata De Bruyne.

Laga Liverpool vs City diprediksi akan menjadi salah satu laga terbaik di Liga Inggris musim ini. Siapa yang akan keluar sebagai pemenang dan mengambil alih puncak klasemen? Mari kita saksikan bersama. (Rizal Fauzi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini