Arsenal berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0 di Emirates Stadium pada pertandingan lanjutan Liga Inggris, Minggu (8/10/2023). Gol tunggal kemenangan Arsenal dicetak oleh Gabriel Martinelli pada menit ke-86 setelah memanfaatkan bola muntah dari Nathan Ake.

Kemenangan ini merupakan yang pertama bagi Arsenal atas City di Liga Inggris sejak Desember 2015. Sebelumnya, Arsenal selalu kalah dari City dalam 12 pertemuan terakhir di liga. Arsenal juga berhasil memutus rekor tak terkalahkan City yang sudah berjalan sejak awal musim.

Namun, bek City Kyle Walker tidak mau menyerah begitu saja. Ia menantang Arsenal untuk datang ke Etihad Stadium pada 31 Maret mendatang, saat kedua tim akan bertemu lagi di liga. Walker mengingatkan Arsenal bahwa City pernah menghajar mereka dengan skor 4-1 di Etihad pada bulan April.

"Tim yang lebih baik menang hari itu. Masih banyak pertandingan yang tersisa," ujar Walker di saluran Youtube Rio Ferdinand, seperti dikutip Metro. "Ingat kali terakhir mereka ke Etihad? Datanglah ke Etihad, kita lihat saja nanti," lanjutnya.

Walker juga menyindir Arsenal bahwa tim mereka banyak dipengaruhi oleh mantan asisten pelatih City, Mikel Arteta, yang kini menjadi manajer Arsenal. Walker menunjuk beberapa pemain Arsenal yang pernah bermain untuk City, seperti Oleksandr Zinchenko dan Gabriel Jesus.

"Saya kira kalian sudah mengambil asisten pelatih kami sebagai manajer," Walker menjawab sambil tersenyum. "Kalian punya Zinchenko yang saya kira berperan sangat besar. Dan Gabi. Tapi saya akan beri pujian, sekarang tim yang sangat bagus. Tim yang sangat bagus," kata Walker.

Sementara itu, Arteta mengaku senang dengan kemenangan timnya atas City. Ia memuji performa dan disiplin para pemainnya yang berhasil menahan gempuran City. Ia juga mengapresiasi pergantian pemain yang ia lakukan di babak kedua, yang memberikan dampak positif bagi timnya.

"Ini hasil yang spesial. Sudah lama sejak klub ini mengalahkan Manchester City. Kami merasa hari ini bisa menjadi hari saat kami mengalahkan mereka, tapi kami butuh performa besar dari semua pemain dan kami menunjukkan itu," kata Arteta dikutip BBC. "Para pemain luar biasa disiplin, mereka banyak sekali merebut bola. Kami sedikit kurang mengancam, tapi secara keseluruhan atmosfernya luar biasa."

"Kami memulai babak kedua dengan sangat-sangat baik. Pergantian pemain memberikan perbedaan sangat besar," imbuhnya.

Dengan kemenangan ini, Arsenal naik ke posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 22 poin dari 10 pertandingan, unggul satu poin dari City yang turun ke posisi ketiga. Arsenal juga memperpendek jarak dengan Liverpool yang masih memimpin klasemen dengan 25 poin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini