Persis Solo berhasil meraih kemenangan dramatis atas Barito Putera dengan skor 2-1 pada pekan ke-28 Liga 1 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/3/2024). Gol penentu kemenangan Persis dicetak oleh Althaf Alrizky pada menit ke-69, setelah sebelumnya sempat tertinggal oleh gol Gustavo Tocantins pada menit ke-29. Gol pembuka Persis dicetak oleh Alexis Messidoro melalui titik putih pada menit ke-17.

Kemenangan ini mengangkat posisi Persis Solo ke peringkat delapan dengan koleksi 38 poin dari 28 pertandingan, sementara Barito Putera turun ke peringkat 10 dengan torehan 37 poin. Persis Solo juga berhasil membalas kekalahan 0-1 yang mereka alami saat bertandang ke markas Barito Putera pada putaran pertama.

Laga ini berlangsung dengan tempo tinggi sejak awal. Persis Solo yang bermain di depan pendukungnya langsung tampil menekan. Mereka nyaris membuka keunggulan pada menit ke-8 lewat Ramadhan Sananta, namun golnya dianulir karena lebih dulu terjadi pelanggaran. Sembilan menit kemudian, Persis mendapatkan hadiah penalti setelah Sho Yamamoto dilanggar di kotak terlarang. Messidoro yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan dan menjebol gawang Ega Rizky.

Barito Putera tidak tinggal diam dan mencoba bangkit. Mereka berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-29 lewat sepakan keras Gustavo Tocantins yang tidak bisa dijangkau oleh Gianluca Pandeynuwu. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persis Solo melakukan dua pergantian sekaligus dengan memasukkan Arapenta Poetiray dan M Faqih menggantikan Sananta dan Taufiq. Namun, Barito Putera yang lebih dulu mengancam lewat Mike Ott yang melepaskan dua tembakan berbahaya pada menit ke-64 dan 66, namun keduanya masih bisa digagalkan oleh Gianluca.

Persis Solo akhirnya kembali unggul pada menit ke-69 berkat gol Althaf Alrizky yang memanfaatkan umpan matang dari Messidoro. Gol ini sekaligus menjadi penentu kemenangan tuan rumah. Barito Putera mencoba mengejar ketertinggalan dengan memasukkan Murilo dan Bagus Kahfi menggantikan Mike Ott dan Rizky Pora, namun upaya mereka tidak membuahkan hasil. Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-1 untuk keunggulan Persis Solo tetap tidak berubah.

Pelatih Persis Solo, Milomir Seslija, mengaku puas dengan kemenangan timnya. Ia mengapresiasi semangat dan kerja keras para pemainnya yang tidak menyerah hingga akhir. Ia juga berterima kasih kepada para suporter yang memberikan dukungan penuh.

"Kami sangat senang dengan hasil ini. Kami bermain dengan baik dan pantas mendapatkan tiga poin. Saya bangga dengan pemain-pemain saya yang berjuang sampai menit terakhir. Saya juga berterima kasih kepada para suporter yang selalu mendukung kami. Ini adalah kado untuk mereka," ujar Seslija dalam konferensi pers usai pertandingan.

Sementara itu, pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, mengakui kekalahan timnya. Ia mengatakan bahwa Persis Solo bermain lebih baik dan lebih beruntung. Ia juga mengkritik penampilan wasit yang dinilainya kurang adil.

"Kami mengakui keunggulan Persis Solo. Mereka bermain lebih baik dan lebih beruntung. Kami sudah berusaha maksimal, tapi kami kurang konsentrasi di beberapa momen. Kami juga merasa dirugikan oleh keputusan wasit yang memberikan penalti kepada Persis. Kami akan evaluasi diri dan memperbaiki kesalahan kami," ucap RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan.

Laga ini juga diwarnai dengan insiden di luar lapangan. Sejumlah suporter Persis Solo terlibat bentrok dengan aparat keamanan di luar stadion. Akibatnya, beberapa orang mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit. Belum diketahui penyebab pasti dari kerusuhan ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini