PSBS Biak berhasil meraih gelar juara Liga 2 musim 2023/2024 setelah mengalahkan Semen Padang dengan skor agregat 6-0 pada laga final yang berlangsung di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Sabtu (9/3/2024). Tim asal Papua ini menunjukkan performa yang dominan sejak leg pertama hingga leg kedua.

Pada leg pertama yang digelar di Stadion Cenderawasih, Biak, PSBS Biak menang 3-0 atas Semen Padang berkat gol-gol yang dicetak oleh Alexsandro Ferreira, Alberto Goncalves, dan Febrianto Uopmabin. Kemenangan ini membuat PSBS Biak unggul tiga gol tanpa balas sebelum menjalani leg kedua di kandang lawan.

Pada leg kedua, PSBS Biak tidak menurunkan intensitas serangannya. Tim besutan Pelatih Eko Purjianto ini berhasil membuka keunggulan pada menit ke-11 melalui gol yang dicetak oleh Beto Goncalves. Striker naturalisasi asal Brasil ini memanfaatkan umpan silang dari Osas Saha untuk menaklukkan kiper Semen Padang, Fakhrurrazi Quba.

Semen Padang yang bermain di depan pendukungnya sendiri mencoba bangkit dan memberikan perlawanan. Namun, barisan pertahanan PSBS Biak yang dipimpin oleh kapten Yustinus Pae mampu menghalau serangan-serangan yang dilancarkan oleh tim berjuluk Kabau Sirah. Bahkan, PSBS Biak berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-28 lewat gol yang dicetak oleh Alexsandro. Pemain asal Brasil ini menyambut umpan silang dari Diandra Diaz Dewari dengan sundulan yang gagal diantisipasi oleh Fakhrurrazi.

Memasuki babak kedua, PSBS Biak masih belum puas dengan keunggulan dua gol. Pada menit ke-50, Beto kembali mencatatkan namanya di papan skor dengan gol keduanya di laga ini. Ia menerima umpan terobosan dari Alexsandro dan melepaskan tendangan mendatar yang mengubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan PSBS Biak.

Semen Padang yang tertinggal jauh tidak menyerah begitu saja. Mereka terus mencoba mencetak gol hiburan untuk menghibur para suporter yang hadir di stadion. Namun, upaya mereka selalu gagal karena ketangguhan Mario Londok di bawah mistar gawang PSBS Biak. Kiper asal Papua ini tampil gemilang dengan melakukan beberapa penyelamatan penting.

Laga yang seharusnya berlangsung selama 90 menit ini harus dihentikan lebih cepat pada menit ke-81 karena adanya aksi kurang terpuji dari sebagian oknum suporter Semen Padang yang menyalakan flare dan melemparkannya ke lapangan. Beberapa suporter bahkan masuk ke lapangan dan mengganggu jalannya pertandingan. Wasit pun memutuskan untuk mengakhiri laga lebih cepat demi alasan keamanan.

Dengan hasil ini, PSBS Biak resmi menjadi juara Liga 2 musim 2023/2024 dengan skor agregat 6-0 atas Semen Padang. Selain mendapatkan trofi dan medali, PSBS Biak juga berhak promosi ke Liga 1 musim depan bersama dengan Malut United yang menjadi runner-up Liga 2. Sementara itu, Semen Padang harus puas menjadi peringkat ketiga dan tetap berlaga di Liga 2 musim depan.

PSBS Biak juga mendapatkan beberapa penghargaan individu di Liga 2 musim ini. Alexsandro Ferreira berhasil menjadi top skor dengan 23 gol, sementara Beto Goncalves menjadi pemain terbaik atau MVP. Tim asuhan Eko Purjianto ini juga dinobatkan sebagai tim fair play karena memiliki catatan disiplin yang baik sepanjang kompetisi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini