Andre Onana, kiper Manchester United (MU), mengaku sudah merasa nyaman dan bahagia bermain bersama Setan Merah. Ia mengatakan bahwa ia sudah mulai bersinar setelah mengalami masa-masa sulit di awal kedatangannya ke Old Trafford.

Onana bergabung dengan MU dari Inter Milan pada Juli 2024 dengan nilai transfer 47,2 juta poundsterling. Namun, ia sempat mendapat banyak kritik karena sering melakukan kesalahan-kesalahan fatal yang berujung pada kekalahan timnya. Ia juga mengaku kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di Inggris.

"Saya membutuhkan waktu enam bulan atau tujuh bulan untuk tidak bermain bagus, hanya untuk merasa baik," kata Onana seperti dikutip dari ANTARA News pada Jumat (1/3/2024). "Sungguh masa yang sulit bagi saya. Kini saya merasa sedikit lebih baik karena segalanya masih baru. Sulit bagi saya untuk merasa bagai di rumah sendiri karena banyak alasan di sebuah negara baru," tambahnya.

Namun, kini Onana telah menunjukkan peningkatan performa yang signifikan. Ia tampil apik saat MU menang 2-0 atas Everton pada laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (9/3/2024) malam WIB. Ia berhasil melakukan enam penyelamatan dan tiga kali mengamankan umpan silang. Ia juga memberikan satu umpan kunci yang mengawali serangan MU.

Onana juga berperan penting saat MU kalah 1-3 dari Manchester City pada Derby Manchester sebelumnya. Ia membuat lima penyelamatan dan memberikan umpan panjang yang menghasilkan gol pembuka MU. Onana yakin bahwa ia sudah berada di jalur yang benar untuk menjadi kiper terbaik di dunia.

"Saya kira saya tengah saya mengalami titik balik, tapi tidak di lapangan karena, seperti saya katakan, lebih banyak mental karena segalanya berbeda," ujar Onana. "Musim lalu saya memang pindah dari Amsterdam (Ajax) ke Milan, tapi adaptasinya cukup mudah. Tetapi di sini saya memerlukan waktu tujuh, delapan bulan. Saya harap kami akan berakhir dengan kemenangan."

Onana mengaku mendapat dukungan penuh dari rekan-rekan satu timnya di MU. Ia mengatakan bahwa mereka selalu mempercayai kemampuannya dan memberinya motivasi untuk terus berkembang. "Mereka selalu mempercayai saya, sejak awal mereka bilang pada saya, ‘Andre, dengar, kualitas sudah punya, cuma soal waktu’," ungkap Onana. "Saya kira semuanya sudah berlalu. Kini kami mesti jalan terus dan saya kira waktu yang tepat akan tiba menyertainya."

Onana berharap bisa membantu MU meraih gelar juara Liga Inggris musim ini. Saat ini, MU berada di posisi kedua klasemen dengan selisih dua poin dari pemimpin City. Onana juga ingin membuktikan dirinya sebagai kiper terbaik di dunia dengan tampil gemilang di Piala Dunia 2024 bersama timnas Kamerun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini