Arsenal berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Brentford dalam lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (10/3/2024) dini hari WIB. Gol-gol The Gunners dicetak oleh Declan Rice dan Kai Havertz, sementara gol balasan Brentford dicetak oleh Yoane Wissa.

Namun kemenangan Arsenal tidak lepas dari drama. Kiper Arsenal, Aaron Ramsdale, yang mendapat kesempatan bermain sebagai starter, melakukan dua blunder yang nyaris berakibat fatal. Blunder pertama terjadi di pengujung babak pertama, ketika Ramsdale gagal mengantisipasi backpass dari Gabriel dan bola diblok oleh Wissa yang langsung masuk ke gawang Arsenal. Blunder kedua terjadi di menit ke-75, ketika Ramsdale salah mengoper bola ke arah Bukayo Saka dan nyaris disambar oleh Ivan Toney.

Beruntung bagi Arsenal, kedua blunder Ramsdale tidak sampai mengubah hasil akhir pertandingan. Arsenal tetap mampu mempertahankan keunggulan mereka hingga peluit akhir berbunyi. Kemenangan ini membuat Arsenal naik ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 61 poin, unggul dua poin dari Manchester City di posisi kedua.

Meski melakukan blunder, Ramsdale tetap mendapat dukungan dari manajer Arsenal, Mikel Arteta. Arteta mengatakan bahwa Ramsdale adalah pemain dengan karakter kuat dan berani, serta memiliki determinasi tinggi. Arteta juga memuji reaksi Ramsdale setelah melakukan kesalahan, yaitu tetap fokus dan melakukan beberapa penyelamatan penting.

"Saya sungguh senang karena dia melakukan tugasnya dengan baik, menjadi seseorang dengan karakter kuat dan berani, serta penuh determinasi. Kesalahan adalah bagian dari sepak bola," ujar Arteta, dikutip dari BBC.

"Hal terpenting adalah bereaksi terhadap kesalahan itu, terutama bagi kiper yang mungkin merupakan posisi paling sulit. Dia melakukannya dengan amat mengagumkan," jelas Arteta.

Arteta juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh rekan-rekan setim dan suporter Arsenal kepada Ramsdale. Arteta mengatakan bahwa Ramsdale pantas dihormati dan dikagumi, serta bahwa tim Arsenal ingin menang untuknya.

"Saya tak terkejut karena seluruh tim dan suporter mendukungnya. Dia pantas dihormati dan dikagumi. Kami benar-benar ingin menang untuknya," kata Arteta.

Ramsdale sendiri mengaku tidak terlalu memikirkan blunder yang ia lakukan. Ia mengatakan bahwa ia hanya ingin membantu timnya meraih kemenangan dan menjaga performanya di level tertinggi.

"Semua orang di tim telah membuat kesalahan di musim ini. Ketika kamu menjadi kiper, situasinya bisa terlihat lebih buruk. Kami menghadapinya bersama-sama," kata Ramsdale.

"Saya tidak terlalu peduli dengan apa yang orang katakan tentang saya. Saya hanya ingin bermain sebaik mungkin untuk Arsenal dan membantu tim ini meraih trofi," tutur Ramsdale.

Arsenal akan kembali beraksi di Liga Inggris pada Minggu (17/3/2024) mendatang. Mereka akan bertandang ke markas Aston Villa, yang saat ini berada di posisi keempat klasemen dengan 55 poin. (Copilot)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini