Barcelona dan Napoli akan bertemu di leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada Rabu (13/3/2024) pukul 03.00 WIB. Laga ini akan berlangsung di Estadi Olímpic Lluís Companys, Barcelona, karena Camp Nou sedang direnovasi. Laga ini akan disiarkan langsung oleh SCTV, Vidio, dan Champions TV.

Kedua tim bermain imbang 1-1 di leg pertama yang digelar di Naples pada 22 Februari lalu. Barcelona unggul lebih dulu melalui gol Robert Lewandowski di menit 60, tetapi Napoli menyamakan kedudukan lewat Victor Osimhen di menit 75. Hasil imbang ini membuat segalanya masih terbuka di leg kedua. Tidak ada aturan gol tandang, sehingga kemenangan menjadi syarat mutlak bagi kedua tim untuk lolos ke perempat final.

Barcelona datang ke laga ini dengan modal yang bagus. Sejak kalah 3-5 dari Villarreal di LaLiga pada 28 Januari, Barcelona tidak terkalahkan di delapan laga berikutnya di semua kompetisi. Mereka meraih lima kemenangan dan tiga imbang, termasuk menang 3-0 atas Mallorca di laga terakhir mereka. Performa pertahanan Barcelona juga membaik, dengan tidak kebobolan gol di tiga laga terakhir mereka.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernández, mengatakan bahwa timnya siap untuk menghadapi Napoli dengan percaya diri. Ia juga memuji kualitas lawannya, yang menurutnya memiliki pemain-pemain berbahaya seperti Osimhen, Lorenzo Insigne, dan Hirving Lozano.

"Kami sangat bagus di sektor pertahanan dan di tiga laga terakhir lawan tidak bisa memberikan banyak ancaman. Tapi melawan Napoli jelas berbeda karena mereka tidak memainkan lima bek seperti Mallorca. Kita tentu tidak bisa membandingkan Mallorca dengan Napoli," kata Xavi di laman resmi klub.

"Kami harus berhati-hati dengan serangan balik mereka, karena mereka memiliki pemain-pemain cepat dan kuat. Osimhen adalah penyerang yang sangat berbahaya, ia bisa mencetak gol kapan saja. Insigne dan Lozano juga pemain yang berkualitas, mereka bisa membuat perbedaan di lini depan. Kami harus fokus dan disiplin untuk menghentikan mereka," tambahnya.

Napoli sendiri tidak dalam kondisi yang buruk. Sejak ditangani oleh Francesco Calzona, yang menggantikan Gennaro Gattuso pada Januari, Napoli belum pernah kalah di tujuh laga di semua kompetisi. Mereka meraih dua kemenangan dan lima imbang, termasuk imbang 1-1 dengan Torino di laga terakhir mereka di Serie A. Napoli saat ini berada di posisi keempat klasemen dengan 54 poin, hanya terpaut satu poin dari Juventus di posisi ketiga.

Calzona mengaku optimis dengan peluang timnya untuk menyingkirkan Barcelona. Ia mengatakan bahwa Napoli memiliki mentalitas yang kuat dan tidak takut dengan lawan-lawan besar. Ia juga menilai bahwa Barcelona bukanlah tim yang tak terkalahkan, meskipun memiliki pemain-pemain bintang seperti Lewandowski, Neymar, dan Ansu Fati.

"Kami datang ke Barcelona dengan keyakinan yang tinggi. Kami tahu bahwa kami bermain melawan salah satu tim terbaik di dunia, tetapi kami juga tahu bahwa kami memiliki kualitas dan karakter untuk bersaing dengan mereka. Kami tidak akan menyerah mudah, kami akan berjuang sampai akhir," kata Calzona di konferensi pers.

"Barcelona adalah tim yang hebat, tetapi mereka juga memiliki kelemahan. Kami harus memanfaatkan kesempatan yang kami dapatkan dan tidak memberikan ruang bagi mereka untuk berkembang. Kami harus bermain dengan cerdas dan agresif, tanpa takut atau ragu. Kami harus percaya pada diri kami sendiri dan pada rekan-rekan kami," lanjutnya.

Laga ini diprediksi akan berlangsung sengit dan seru. Kedua tim sama-sama memiliki motivasi tinggi untuk melaju ke babak selanjutnya. Siapakah yang akan berhasil mengalahkan lawannya dan meraih tiket ke perempat final? Mari kita saksikan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini