Persib Bandung, salah satu tim papan atas Liga 1 Indonesia, harus menghadapi tantangan baru di musim 2023/2024. Pasalnya, jadwal pertandingan Liga 1 akan digelar di malam hari selama bulan Ramadan, yang dimulai pada Selasa (12/3/2024).

Hal ini tentu membutuhkan penyesuaian dari para pemain dan pelatih Persib, yang sebagian besar beragama Islam. Mereka harus menjalankan ibadah puasa sekaligus mempersiapkan diri untuk bermain di bawah sorot lampu stadion.

Untuk itu, Persib melakukan adaptasi dengan mengubah jadwal latihan mereka. Mulai Senin (11/3/2024), Persib berlatih di Stadion Sidolig Bandung pada pukul 20.30 WIB, sesuai dengan waktu kick-off pertandingan Liga 1 .

Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengatakan bahwa langkah ini diambil untuk memberikan kesempatan bagi para pemain muslim untuk berbuka puasa dan mendapatkan asupan energi sebelum berlatih. Hodak juga berharap para pemain bisa berada dalam kondisi 100 persen saat bermain di malam hari .

"Kami nanti akan bertanding malam hari, jadi nanti kami juga akan berlatih di malam hari. Karena jika kami berlatih sore hari, pemain tidak dalam kondisi yang 100 persen," kata Hodak di situs Liga 1.

"Jadi saya akan memberi (waktu) mereka untuk makan makanan ringan, memberi mereka (waktu) minum, pada dasarnya dalam dua sampai tiga jam setelahnya mereka dalam kondisi 100 persen. Jadi nantinya mereka akan berlatih dengan normal di malam hari," ujar pelatih asal Kroasia itu .

Persib akan menghadapi tiga pertandingan di bulan Ramadan, yaitu melawan Persikabo 1973 (15/3/2024), Bhayangkara FC (28/3/2024), dan Persita Tangerang (2/4/2024). Ketiga laga itu akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali .

Persib saat ini berada di posisi kedua klasemen Liga 1 dengan 54 poin, terpaut dua poin dari pemuncak klasemen Borneo FC Samarinda. Persib juga sedang dalam tren positif dengan meraih tiga kemenangan beruntun, termasuk kemenangan 2-1 atas rival abadi mereka, Persija Jakarta, pada Minggu (10/3/2024) .

Dengan adaptasi yang dilakukan, Persib berharap bisa terus menjaga performa mereka dan meraih hasil maksimal di setiap pertandingan. Persib juga bertekad untuk lolos ke fase Championship Series dan memperebutkan gelar juara Liga 1 musim ini .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini