Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta akan menjadi saksi pertarungan sengit antara Timnas Indonesia dan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis, 21 Maret 2024. Menjelang laga ini, manajemen pengelola SUGBK terus berupaya memperbaiki kualitas rumput stadion yang sempat menjadi sorotan karena kondisinya yang buruk.

Kepala Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Asep Triyadi, mengatakan bahwa perawatan rumput sudah dilakukan sejak awal Maret 2024. Ia mengklaim bahwa kondisi rumput saat ini sudah kembali hijau dan sesuai dengan standar FIFA .

"Perkembangan memang sudah banyak (perbaikan), memang masih ada yang sedikit ada yang minor-minor, khususnya yang tidak terkena paparan matahari langsung. Tapi masih ada waktu sebelum tangga 21 Maret. Tim sudah kerja keras baik rumput kami baik dari vendor maupun internal GBK sendiri, jadi tinggal sedikit lagi lah," kata Asep.

Asep menjelaskan, kondisi rumput SUGBK rusak karena intensitas pemakaian kegiatan kampanye Pemilu 2024 yang dilakukan dalam waktu yang cukup berdekatan. Untuk melakukan perbaikan yang membutuhkan waktu cukup lama, pengelola SUGBK memutuskan untuk tidak mengakomodir konser Ed Sheeran pada 2 Maret dan memindahkannya ke Jakarta International Stadium (JIS).

"Kami tentu lebih mementingkan timnas kita (bermain di SUGBK)," ujarnya.

Asep menambahkan, dalam waktu dekat ada perwakilan FIFA yang hadir mengecek kondisi lapangan sebelum digelarnya laga Indonesia vs Vietnam. Asep optimis, SUGBK bisa menggelar laga kualifikasi Piala Dunia 2026 itu.

"Karena ini tingkat FIFA pasti nanti dicek sebelumnya. Waktunya belum tahu kapan. Kami akan bekerja keras, Insyaallah siap (menggelar laga Indonesia vs Vietnam) dengan berharap penonton tertib," kata Asep.

Selain rumput, Asep juga mengingatkan fasilitas SUGBK lainnya, seperti bangku penonton, toilet, dan pagar pemisah antar tribun. Ia mengatakan, puluhan ribu suporter fanatik timnas pasti akan menonton pertandingan tersebut, sehingga fasilitas pendukung keamanan dan kenyamanan dalam penyelenggaraan harus dipersiapkan dengan serius seperti persiapan rumput stadion.

SUGBK merupakan stadion terbesar dan kebanggaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, saat menjamu Vietnam nanti, jangan sampai kualitas rumput stadion tidak baik, seperti yang terjadi dalam laga ujicoba Timnas Indonesia U-20 melawan Thailand pada Januari 2024.

Timnas Indonesia dan Vietnam dijadwalkan akan bertanding dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di bulan Maret ini, dalam laga kandang dan tandang. Pertandingan ini sangat penting bagi Timnas Indonesia yang saat ini berada di posisi juru kunci grup dengan nol poin dari empat pertandingan. Vietnam, di sisi lain, berada di puncak klasemen dengan 11 poin dari lima pertandingan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku optimis bisa meraih hasil positif melawan Vietnam. Ia mengatakan, timnya sudah melakukan persiapan matang dan beradaptasi dengan kondisi lapangan di SUGBK.

"Kami sudah berlatih di SUGBK sejak Senin kemarin. Saya lihat rumputnya sudah bagus dan tidak ada masalah. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik untuk bangsa ini," kata Shin.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional dan juga bisa disaksikan melalui live streaming di situs resmi PSSI. Kick off pertandingan akan dimulai pukul 19.00 WIB.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini