Liverpool – Liverpool berhasil menahan imbang Manchester City dengan skor 1-1 di Anfield pada pekan ke-28 Liga Inggris. Salah satu pahlawan The Reds adalah Wataru Endo, gelandang asal Jepang yang tampil gemilang di lini tengah.

Endo, yang didatangkan dari Stuttgart pada musim panas 2023, sudah menjadi andalan Juergen Klopp di posisi gelandang bertahan. Dia memiliki peran penting untuk memutus aliran bola lawan dan membantu transisi serangan Liverpool.

Dalam laga kontra Man City, Endo menunjukkan kelasnya sebagai kapten timnas Jepang. Dia mampu mengimbangi permainan Kevin de Bruyne dan Rodri, dua gelandang terbaik di dunia saat ini.

Statistik menunjukkan bahwa Endo berhasil memenangkan 6 dari 7 duel, melakukan 4 tekel sukses, 2 intersep, dan 6 kali merebut bola dari lawan. Dia juga berkontribusi dalam membangun serangan Liverpool dengan akurasi umpan 86%.

Endo juga berperan dalam gol penyeimbang Liverpool yang dicetak oleh Alexis Mac Allister dari titik penalti. Dia yang memberikan umpan terobosan kepada Mohamed Salah, yang kemudian dilanggar oleh John Stones di kotak terlarang.

Gol tersebut menjadi balasan atas gol pembuka Man City yang dicetak oleh Stones sendiri dari sepak pojok pada menit ke-18. Laga berakhir dengan skor 1-1, yang membuat Liverpool tetap berada di posisi kedua klasemen dengan selisih 4 poin dari Man City di puncak.

Endo mendapat pujian dari Klopp, yang menganggapnya sebagai salah satu pemain terbaik di Liga Inggris. Klopp mengaku tak menyangka bahwa Endo bisa berkembang secepat ini sejak bergabung dengan Liverpool.

"Apa yang bisa Anda harapkan ketika Anda merekrut kapten Jepang berusia 31 tahun dan dia akan menjadi pemain yang menonjol di Liga Inggris. Anda tidak pernah tahu bahwa orang bisa berkembang ke kelas dunia, tapi itulah yang terjadi," kata Klopp soal Endo, dilansir dari BBC.

Endo juga mendapat apresiasi dari para fans Liverpool, yang memilihnya sebagai player of the match melalui voting di media sosial. Endo mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepadanya.

"Saya sangat senang bisa bermain untuk Liverpool dan membantu tim ini meraih hasil positif. Saya berterima kasih kepada manajer, rekan-rekan setim, dan fans yang selalu mendukung saya. Saya akan terus bekerja keras dan berusaha memberikan yang terbaik untuk Liverpool," ujar Endo.

Endo sudah bermain 31 kali bersama Liverpool di semua kompetisi, dengan mencetak 3 gol dan 5 assist. Dia juga menjadi pemain kunci bagi timnas Jepang, yang sudah memastikan lolos ke Piala Dunia 2024 di Qatar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini