Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia Grup F pada Kamis, 21 Maret 2024. Jelang pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, bek Timnas Vietnam, Do Duy Manh, menyampaikan sindiran terhadap pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Do Duy Manh menyebut bahwa timnya tidak menghadapi Indonesia, melainkan Timnas Belanda di Jakarta. Ucapannya tersebut merupakan sindiran karena Timnas Garuda banyak diperkuat oleh pemain naturalisasi. "Indonesia selalu menjadi tim yang tidak mudah dilawan dengan gaya bermainnya yang garang dan agresif. Kini ada rombongan yang masuk lagi ke Tanah Air secara massal. Terkadang kami saling meledek karena tidak tahu apakah kami akan bermain melawan tim Indonesia atau Belanda," ujar Do Duy Manh.

Menanggapi hal ini, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan jawaban tegas. Beliau menegaskan bahwa semua pemain naturalisasi Timnas Indonesia telah memenuhi syarat FIFA dan berhak tampil membela Garuda di dada. "Mungkin dia tidak membaca beritanya. Seorang pemain asal Belanda bisa bermain untuk Timnas Indonesia karena dia memiliki paspor Indonesia," kata Shin Tae-yong.

Polemik naturalisasi ini memang menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan. Namun, Shin Tae-yong tampaknya tidak ambil pusing dan lebih fokus untuk mempersiapkan timnya menghadapi pertandingan penting tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini