Menurut laporan terbaru dari media Prancis L’Equipe, wasit di Ligue 1, divisi teratas di Liga Prancis, biasanya mendapatkan gaji tetap sebesar 7.239 euro atau sekitar Rp 124 juta untuk satu bulannya. Jumlah ini belum termasuk pajak dan dalam satu tahun, total pendapatan mereka sekitar 75 ribu euro atau Rp 1,28 miliar.

Selain gaji tetap bulanan, para wasit juga berhak atas honor per laga Ligue 1 yang ditangani sebesar 3.375 euro atau Rp 57,8 juta. Tambahan lainnya adalah honor sebesar 5.000 euro atau Rp 85,6 juta untuk setiap pertandingan di kompetisi antarklub Eropa yang diwasitinya. Para ofisial di Prancis yang mencapai level internasional juga mengantongi tambahan sebesar 8.580 euro atau Rp 147 juta per pertandingan.

Para wasit juga mendapatkan uang saku sebesar 600 euro atau Rp 10,3 juta untuk biaya konsumsi, transportasi, dan akomodasi selama tiga hari. Pendapatan ini menunjukkan bahwa profesi wasit sepakbola di Liga Prancis merupakan salah satu yang terbaik dari segi finansial di dunia sepakbola.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini