Liverpool berhasil meraih gelar juara Piala Liga Inggris 2024 setelah mengalahkan Chelsea dengan skor tipis 1-0 di Stadion Wembley, Minggu (25/2/2024). Gol tunggal Virgil van Dijk di babak tambahan waktu menjadi penentu kemenangan tim asuhan Juergen Klopp.

Yang menarik, Liverpool tampil dengan banyak memainkan pemain muda yang berusia di bawah 20 tahun. Menurut SportBible, rata-rata usia skuad Liverpool dari menit awal sampai menit akhir pertandingan adalah kurang dari 22 tahun.

Salah satu pemain muda yang mencuri perhatian adalah Jayden Danns, yang baru berusia 18 tahun. Ia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-87 menggantikan Cody Gakpo. Meski hanya bermain sebentar, ia menunjukkan performa yang mengesankan dengan cara menahan bola dan bermain tenang seperti pemain berpengalaman.

Prestasi Liverpool ini mendapat pujian dari Ian Wright, mantan striker Arsenal yang kini menjadi komentator sepak bola. Wright mengaku iri melihat Liverpool bisa mengandalkan pemain muda yang berkualitas dan siap bersaing di level tertinggi.

"Anda melihat para pemain muda yang tampil, bahkan Danns yang tidak banyak aku lihat sebelumnya. Mendengar namanya, sih, pernah," kata Wright di BBC.

"Tapi ia masuk di sebuah laga final dan main seperti seorang pemain pro kaya pengalaman. Caranya menahan bola, ia sama sekali tidak terlihat canggung. Ia sungguh siap main."

"Dan itu adalah sesuatu yang berkaitan dengan auranya Liverpool dan apa ekspektasi mereka terhadap seorang pemain untuk masuk dan merasa ‘tidak masalah, inilah diri kita’. Untuk hal itu, aku iri dengan mereka," tuturnya.

Wright juga memberikan apresiasi kepada Klopp, yang sudah membangun tim Liverpool sejak 2015 dan meraih delapan trofi bersama mereka. Klopp dikabarkan akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini, dan Wright menilai penggantinya akan mendapat beban berat.

"Pria yang luar biasa. Bagaimana anda mengikutinya? Bagaimana anda mengikuti Juergen Klopp?" ujar Wright.

"Datang ke Liverpool setelah apa yang dia lakukan dan apa yang dia ciptakan, itu hampir tak mungkin. Begitu. Orang ini merupakan pemimpin pada pemain."

"Dia membalikkan keadaan klub yang kesulitan saat itu dan membuat semua orang yakin pada apa yang dia coba raih, dan bahkan para pemain muda sudah dia beri kesempatan, keyakinan yang dia miliki pada semua pemain," kata dia menambahkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini