Vietnam telah mengumumkan pemutusan hubungan dengan pelatih kepala tim nasional, Philippe Troussier, setelah kekalahan 3-0 dari Indonesia dalam kualifikasi gabungan Preliminer Piala Dunia FIFA 2026 dan Piala Asia AFC Arab Saudi 2027™ pada hari Selasa. Pelatih berkebangsaan Prancis berusia 69 tahun itu meninggalkan posnya dengan efek segera, kurang dari setahun setelah menggantikan Park Hang-seo sebagai pelatih penuh waktu.

Troussier memiliki catatan yang mengecewakan sejak penunjukannya, gagal membawa Golden Star Warriors melampaui fase grup di Piala Asia AFC Qatar 2023™ sambil hanya mengumpulkan satu kemenangan dalam empat pertandingan di kualifikasi gabungan. Kekalahan beruntun melawan Indonesia pada bulan Maret membuat Vietnam berada di posisi ketiga di Grup F dan tertinggal empat poin dari rival regional mereka dengan dua pertandingan tersisa. Dua tim teratas akan maju ke fase berikutnya sekaligus mengamankan tempat di Piala Asia AFC Arab Saudi 2027.

Kepergian Troussier juga meninggalkan Vietnam mencari pelatih baru untuk skuad U23 negara itu kurang dari sebulan sebelum dimulainya Piala Asia U23 AFC Qatar 2024™, di mana mereka telah ditarik untuk menghadapi Uzbekistan, Kuwait, dan Malaysia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini