Sonny Stevens, kiper Dewa United, menciptakan sejarah baru di Liga 1 dengan menjadi kiper pertama yang mencetak gol di era kompetisi ini. Gol tersebut ia cetak saat timnya bermain imbang 1-1 melawan PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Magelang, pada Jumat (23/2/2024).

Gol Stevens terjadi di masa injury time babak kedua, saat Dewa United tertinggal 0-1 dari PSIS. Stevens maju ke kotak penalti lawan untuk mengikuti skema tendangan sudut yang dilepaskan oleh Egy Maulana Vikri. Dengan tandukan kerasnya, ia berhasil menggetarkan jala gawang PSIS yang dikawal oleh Jandia Eka Putra.

Stevens mengaku senang dengan golnya yang menjadi penyelamat timnya dari kekalahan. Ia juga mengatakan bahwa gol tersebut bukan hasil dari keberuntungan, melainkan latihan yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Saya sangat senang dengan gol saya, dan tadi pelatih katakan bahwa hal itu juga sudah dilatih sebelumnya," kata Stevens, dikutip dari situs resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Gol Stevens sekaligus menebus kesalahannya yang membuat PSIS unggul lebih dulu pada menit ke-16. Saat itu, ia gagal menangkap bola dengan sempurna dari tendangan Taisei Marukawa, sehingga bola muntah bisa disambar oleh Gali Freitas yang mencetak gol untuk PSIS.

"Babak pertama kacau baru babak kedua kami tampil lebih baik, lebih tenang, main ke samping, banyak crossing. Menurut saya poin yang bagus dalam laga away apalagi kami melawan tim nomor dua," ujar kiper asal Belanda itu.

Dengan hasil imbang ini, Dewa United naik ke posisi ke-9 klasemen sementara Liga 1 dengan 32 poin, sedangkan PSIS tetap di urutan kedua dengan 43 poin. Kedua tim masih berpeluang untuk mengejar Persib Bandung yang memimpin dengan 48 poin.

Sonny Stevens menjadi kiper ketiga di era Liga Indonesia yang mampu mencetak gol, setelah Silas Ohe (Persipura, Liga Indonesia 2001) dan Ihsan Ramadhani (Persipa Pati, Liga 3 2019). Namun, ia adalah yang pertama yang melakukannya di era Liga 1, yang digulirkan sejak 2017.

Gol Stevens juga menjadi sorotan media-media olahraga, baik nasional maupun internasional. Beberapa media yang memberitakan gol Stevens antara lain detikSport, Bola.com, BeritaSatu, dan iNews.

Gol spektakuler Stevens ini tentunya menjadi inspirasi bagi para kiper lainnya di Liga 1, yang mungkin akan berani maju ke depan untuk mencetak gol di masa depan. Stevens juga menunjukkan bahwa kiper tidak hanya bertugas untuk menjaga gawang, tetapi juga bisa menjadi pahlawan bagi timnya dengan mencetak gol.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini