Jakarta – Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, telah dipecat dari jabatannya menyusul kekalahan 0-3 dari Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Keputusan ini diambil oleh Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) setelah mengevaluasi performa tim dan reaksi publik terhadap komentar Troussier yang kontroversial.

Troussier, yang mulai menangani tim nasional senior Vietnam sejak Maret 2023, mengalami serangkaian hasil buruk dengan hanya empat kemenangan dari 14 pertandingan. Kekalahan terbaru dari Indonesia semakin memperburuk situasi, dengan Vietnam kini berada di peringkat ketiga Grup F, tertinggal empat poin dari Indonesia.

Komentar Troussier yang menyalahkan pemain atas kekalahan tersebut telah menimbulkan kemarahan di kalangan suporter. Dalam sebuah wawancara, ia menyatakan bahwa pemain harus "berani menerima tanggung jawab sendiri" dan tidak bisa menang hanya dengan "rencana, mimpi dan harapan". Pernyataan ini dianggap sebagai bentuk lempar tanggung jawab dan tidak mencerminkan sikap seorang pemimpin yang baik.

Meskipun ada upaya dari Wakil Federasi Sepakbola Vietnam, Tran Anh Tu, untuk meredakan situasi dengan menyatakan bahwa perpisahan antara Troussier dan tim nasional berlangsung dengan baik-baik, komentar Troussier tetap meninggalkan kesan negatif di hati para penggemar sepak bola Vietnam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini