Thomas Tuchel, pelatih Bayern Munchen yang akan segera mengakhiri masa jabatannya di akhir musim ini, mengaku tidak merasa bersalah atas penurunan performa timnya. Menurutnya, ada banyak faktor yang menyebabkan Bayern gagal bersaing di berbagai kompetisi.

Tuchel mengambil alih kursi pelatih Bayern pada Maret 2023, menggantikan Julian Nagelsmann yang hijrah ke Manchester City. Tuchel berhasil membawa Bayern meraih gelar Bundesliga musim lalu, tetapi hanya dengan selisih tipis dari rival terdekatnya, RB Leipzig.

Musim ini, Bayern mengalami krisis yang cukup parah. Mereka tersingkir dari Piala Jerman oleh tim divisi tiga, Saarbruecken. Mereka juga kalah 0-1 dari Lazio di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Di Bundesliga, mereka tertinggal 11 poin dari pemuncak klasemen, Bayer Leverkusen.

Keputusan untuk berpisah dengan Tuchel diumumkan oleh manajemen Bayern pekan ini, setelah timnya menelan tiga kekalahan beruntun di semua ajang. Tuchel mengatakan bahwa dia menerima keputusan tersebut dengan lapang dada, dan berharap bisa memberikan yang terbaik untuk Bayern di sisa musim ini.

"Saya tidak berpikir bahwa saya adalah satu-satunya masalah, tetapi saya menerima tanggung jawab saya,” ujar Tuchel dikutip dari Reuters. "Sekarang kami memiliki situasi baru tetapi situasinya telah diselesaikan dan dikomunikasikan, tetapi saya tidak berpikir bahwa saya satu-satunya masalah," katanya.

Tuchel menambahkan bahwa keputusan untuk berpisah dengan Bayern memberinya kebebasan untuk mengambil keputusan tanpa harus memikirkan dampak jangka panjangnya. Dia juga berharap para pemainnya bisa bermain dengan lebih lepas dan percaya diri.

"Kejelasan membawa kebebasan dan itu bagus untuk menghadapi pertandingan dan latihan," kata Tuchel seperti dilansir dari laman resmi Bundesliga. "Harus jelas bagi semua orang bahwa kami harus mengerahkan seluruh kemampuan fisik dan mental kami. Karena cedera, kami kehilangan sedikit kecepatan dan juga bek kanan yang diakui. Kami akan menemukan solusi dan terus menyerang," tandasnya.

Tuchel akan menghadapi laga penting melawan RB Leipzig pada Sabtu (24/2/2024) di Allianz Arena. Laga ini akan menjadi ujian berat bagi Bayern, yang harus mengejar ketertinggalan poin dari Leverkusen. Leipzig sendiri merupakan tim yang selalu memberikan perlawanan sengit bagi Bayern dalam beberapa musim terakhir.

Nama pengganti Tuchel di Bayern masih menjadi spekulasi. Salah satu kandidat yang santer dikabarkan adalah Xabi Alonso, mantan gelandang Bayern yang saat ini melatih Leverkusen. Alonso sendiri enggan berkomentar tentang isu tersebut, dan mengatakan bahwa dia fokus pada pekerjaannya di Leverkusen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini