AC Milan gagal meraih kemenangan atas Atalanta dalam lanjutan Serie A, Senin (26/2/2024) dini hari WIB. Rossoneri hanya mampu bermain imbang 1-1 di San Siro, setelah wasit memberikan penalti yang diprotes oleh pelatih Stefano Pioli.

Milan sebenarnya tampil dominan sejak awal pertandingan. Mereka berhasil unggul cepat pada menit ketiga melalui gol Rafael Leao, yang memanfaatkan umpan dari Olivier Giroud. Milan terus menekan pertahanan Atalanta, yang kesulitan mengembangkan permainan.

Namun, keunggulan Milan sirna pada menit ke-42, ketika wasit Daniele Orsato menunjuk titik putih setelah melihat VAR. Wasit menganggap Giroud melakukan pelanggaran dengan mengangkat kaki terlalu tinggi ke arah muka Emil Holm. Teun Koopmeiners yang menjadi algojo penalti berhasil mengecoh kiper Mike Maignan dan menyamakan kedudukan.

Keputusan wasit ini sontak menuai protes dari Pioli dan para pemain Milan. Mereka merasa tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh Giroud, dan Holm hanya mencari keuntungan dengan berpura-pura terkena kaki Giroud. Pioli bahkan sempat terlibat adu mulut dengan wasit di akhir babak pertama.

Di babak kedua, Milan kembali menguasai jalannya pertandingan. Mereka menciptakan beberapa peluang berbahaya, namun gagal dimaksimalkan oleh para penyerangnya. Atalanta juga sesekali memberikan ancaman, tetapi pertahanan Milan cukup solid untuk menghalau serangan-serangan mereka.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-1 tetap bertahan. Hasil ini membuat Milan tertinggal 13 poin dari Inter Milan yang memimpin klasemen. Milan kini berada di posisi ketiga dengan 53 poin, di bawah Juventus yang memiliki 57 poin.

Pioli mengaku kecewa dengan hasil imbang ini. Ia menilai Milan pantas mendapatkan tiga poin, karena tampil lebih baik dari Atalanta. Ia juga mengecam keputusan wasit yang memberikan penalti kepada Atalanta, yang ia anggap tidak adil.

"Menurut saya, itu tidak cukup untuk penalti, karena dua alasan. Pertama, Holm meletakkan tangannya di wajahnya dan tidak ada kontak dengan wajahnya. Kedua, pendekatan umum yang diambil Orsato tidak cukup, karena dia adalah wasit Eropa dan biasanya membiarkan permainan berjalan dan tak mudah memberikan tendangan bebas," kata Pioli kepada DAZN.

"Giroud sama sekali tidak melakukan apa pun dan jika Holm tidak mengangkat tangannya ke wajahnya dan terjatuh, tidak ada yang akan menyadarinya. Dia pintar," tambahnya.

Pioli juga mengakui bahwa persaingan scudetto semakin sulit bagi Milan. Ia kini memilih fokus untuk mengamankan posisi di zona Liga Champions. "Saat ini, kami harus mencoba menstabilkan posisi ketiga dan mungkin mencoba mengejar Juventus di posisi kedua," ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini