Persib Bandung harus puas bermain imbang 1-1 dengan Barito Putera pada laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023-2024 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (23/2/2024). Gol cepat David da Silva pada menit ke-11 berhasil dibalas oleh Yuswanto Aditya pada menit akhir pertandingan. Namun, momen yang paling menarik perhatian adalah kartu merah yang diterima oleh bek Persib, Alberto Rodriguez, pada menit ke-70.

Kartu merah tersebut dikeluarkan oleh wasit M. Erfan Efendi setelah Alberto dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Gustavo Tocantins. Namun, jika dilihat dari tayangan ulang, sebenarnya yang melakukan pelanggaran adalah Nick Kuipers, yang menjatuhkan Gustavo saat berusaha mengejar umpan terobosan. Alberto hanya berada di dekat Gustavo saat pemain Barito itu jatuh dan berbenturan dengannya. Wasit tampaknya salah mengidentifikasi pelaku pelanggaran dan memberikan kartu merah kepada Alberto.

Keputusan wasit tersebut sangat mempengaruhi jalannya pertandingan. Persib yang sebelumnya unggul dan menguasai permainan, harus bermain dengan 10 orang dan bertahan dari gempuran Barito. Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengaku kecewa dengan kartu merah tersebut dan menganggapnya sebagai pengubah segalanya.

"Saya pikir, selama 70 menit kami merupakan tim yang lebih baik dengan mampu menguasai jalannya pertandingan. Kami membuat satu gol dan beberapa peluang. Jika saja kami bisa mencetak gol kedua, kami bisa memenangi pertandingan," kata Bojan, dikutip dari laman Persib.

"Setelah kejadian kartu merah, itu mengubah segalanya dan tentu saja. Itu membuat kami berada di bawah tekanan. Sejujurnya, ini pertandingan yang sulit tapi kami tidak bisa mengeluh kepada wasit atas sejumlah keputusan yang diambilnya," ujar pelatih asal Kroasia itu.

Hasil imbang ini membuat Persib gagal memperbaiki posisinya di klasemen sementara Liga 1. Maung Bandung masih tertahan di peringkat ketiga dengan 42 poin, tertinggal 14 poin dari pemuncak klasemen, Borneo FC. Sementara itu, Barito tetap berada di peringkat ketujuh dengan 34 poin.

Persib akan berusaha bangkit dari hasil minor ini pada laga selanjutnya, saat menjamu PSIS Semarang di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (27/2/2024). Laga ini akan menjadi pertemuan kedua antara kedua tim, setelah pada putaran pertama Persib menang 2-1 di Stadion Moch Soebroto, Magelang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini